2 Cara Mudah Membagi atau Membuat Partisi Harddisk Baru Eksternal Maupun Internal di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

2 Cara Mudah Membagi atau Membuat Partisi Harddisk Baru Eksternal Maupun Internal di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10 - Setelah sebelumnya saya sudah share secara lengkap mengenai "Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui Windows (XP, 7, 8, 8.1, 10) Secara Manual".

Kali ini saya akan share mengenai Tutorial cara cepat membagi atau membuat partisi harddisk baru yang bisa dilakukan di windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10. Yap membuat partisi harddisk yang baru buat kamu yang membutuhkannya.

Partisi harddisk biasanya terbagi menjadi 3 pada awalnya yaitu drive C: tempat systems berada, drive D: tempat data berada dan drive E: tempat data berada. Disini akan di jelaskan cara membuatnya atau menambahnya menjadi 4 bagian menggunakan software maupun fitur dari windows itu sendiri.

Cover Thumbnail Cara Mudah Membuat Partisi Harddisk Baru di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10

Cara Mudah Membuat Partisi Harddisk Eksternal Maupun Internal Baru di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10

Selanjutnya kita akan masuk ke tahap tutorialnya yaitu "Cara Mudah Membuat atau membagi Partisi Harddisk Baru di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10".

Biasanya partisi pada harddisk internal di laptop atau komputer memiliki 3 bagian atau terbagi 3 ruang, yaitu partisi C: tempat sistem operasi berada, partisi D: tempat menyimpan datamu dan partisi E: tempat menyimpan datamu yang lain.

Sebenarnya dengan 3 ruang tersebut juga sudah cukup untuk memanajemen data-datamu secara optimal. Namun, mungkin ada diantaramu yang ingin membuat atau menambah partisi lagi.

Misalnya aja ada diantara kamu yang ingin membuat partisi sebanyak 4 ruang, yaitu untuk sistem operasi terinstall, lalu partisi buat menyimpan kumpulan software, kemudian partisi untuk menyimpan kumpulan game dan partisi untuk menyimpan kumpulan video.

Otomatis kalian harus menambahkan satu partisi lagi, karena biasanya partisi harddisk pada komputer atau laptop hanya ada 3.

Nah, diantara kalian mungkin nggak ngerti cara membuat partisi harddisk baru atau cara membuat partisi harddisk baru. Untuk itulah saya akan memberitahumu cara membuat partisi harddisk baru dan bisa dilakukan di windows XP, 7, 8, 8.1 bahkan windows 10 dan berlaku juga untuk harddisk eksternal.

Oh ya, membuat partisi baru artinya kalian harus mengambil atau mengurangi size dari partisi lainnya untuk dijadikan free space atau bisa dibilang membaginya lalu akan kamu jadikan partisi harddisk baru. jadi tentukan dulu partisi mana yang akan dikurangi sizenya untuk dijadikan partisi harddisk baru.

Cara Membuat Partisi Baru Dengan Disk Management

Oke, sekarang kita akan membahas "Cara Membuat atau Membagi Partisi Harddisk Baru Dengan Disk Management". Yap, kita akan memakai fitur bawaan windows dan sudah disediakan oleh pihak microsoft yaitu disk management.

Fitur disk management ini sesuai dengan namanya adalah fitur untuk memanjemen harddisk milikmu atau perangkat penyimpananmu.

Nah, dengan fitur ini kamu bisa dengan mudah membuat partisi harddisk baru tanpa perlu repot pakai software dari pihak ketiga karena windows sendiri sudah menyediakan disk management.

Oh ya, fitur disk management ini bisa kalian temukan di windows XP, 7, 8 , 8.1 apalagi windows 10. Jadi kalian bisa menjalankan trik ini di semua versi windows.

Penasaran dengan cara membuat partisi harddisk baru dengan disk management yang merupakan fitur bawaan windows ini, silakan disimak langkah-langkahnya.

  • Pertama bukalah search windows dan carilah "Computer Management", kemudian silahkan dibuka
    Pada Search Windows Ketik Computer Management
  • Lalu pada computer management, bukalah tab "disk management" yang ada disebelah kiri di bawah storage
    Lalu pilih tab disk management
  • Selanjutnya Klik kanan pada partisi harddisk yang akan digunakan untuk membuat partisi harddisk baru kemudian klik "shrink volume"
    Klik Kanan Pada salah satu partisi lalu pilih shrink volume
  • Lalu isilah sesuai ukuran partisi harddisk baru yang kalian inginkan lalu klik shrink
    isi ukuran untuk partisi baru sesuai keinginan
  • Dengan begini kalian sudah sampai ke tahap membuat partisi atau ruang kosong. Untuk membuatnya menjadi partisi yang terbaca di windows explorer maka ikuti langkah selanjutnya ini
  • Silakan kalian klik kanan pada free space yang sudah dibuat lalu klik "new simple volume"
    klik kanan pada free space lalu klik new simple volume
  • Selanjutnya klik next untuk melanjutkan
    Klik Next Untuk Melanjutkan
  • Selanjutnya biarkan saja nilainya secara default lalu klik next
    Tentukan volume ukuran partisi barunya
  • Selanjutknya tentukan letter atau huruf untuk partisi harddisk baru, contohnya D:
    Pilih Drive Letter Kemudian klik next
  • Kemudian tentukan nama untuk partisi harddisk baru, contohnya saya beri nama partisi harddisk baru
    Buat nama partisi di volume label lalu klik next
  • Selesai dengan begini partisi harddisk baru sudah bisa terbaca oleh windows explorer

Oke itulah caranya untuk kamu yang ingin membuat partisi harddisk baru menggunakan disk management. meski caranya terkesan rumit, namun sebenarnya mudah kok.

Dengan begini membuat partisi harddisk baru bukanlah masalah lagi dan bisa tanpa perlu bantuan pihak ketiga, cukup menggunakan fitur windows bernama disk management untuk memanajemen harddisk milikmu.

Cara Membuat Partisi Baru Dengan Minitool Partition Wizard


MiniTool Partition Wizard
MiniTool Partition Wizard
Software Manajemen Partisi Harddisk
Download

Oke, setelah kamu tahu "cara membuat atau membagi partisi harddisk baru menggunakan disk management" yang merupakan fitur bawaan windows utuk manajamen partisi.

Kali ini saya akan share trik berikutnya yaitu "Cara Membuat atau membagi Partisi Baru Dengan MiniTool Partition Wizard". Yap kali ini kita akan menggunakan pihak ketiga yaitu software MiniTool Partition Wizard.

Jika pada windows kita bisa memanajemen penggunaan harddisk menggunakan fitur yang bernama "disk management", maka kita juga memanajemen partisi harddisk menggunakan software dari pihak ketiga yaitu MiniTool Partition Wizard.

Yap, software bernama MiniTool Partition ini merupakan software yang berfungsi sama seperti halnya disk manajemen pada windows.

Bahkan menurut saya, dengan menggunakan software Minitool Partition Wizard. Memajamen partisi harddisk menjadi terasa lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan menggunakan disk manajemen.

Oke, kali ini kita akan lanjut ke "Cara Membuat atu membagi Partisi Baru Dengan MiniTool Partition Wizard". Membuat partisi baru menggunakan disk manajemen tidak sesimple membuat partisi baru menggunakan minitool partition wizard.

Hal ini karena dengan menggunakan disk manajemen, kita harus terlebih dahulu membuat sebuah ruang kosong kemudian baru kita menjadikannya sebagai partisi.

Namun, dengan menggunakan Minitool Partition Wizard ini kita dapat membuat secara langsung partisi harddisk baru tanpa perlu repot membuat partisi kosong terlebih dahulu. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Silakan download software manajemen partisi Mini Tool Partitionnya Terlebih dahulu, bisa lewat link di atas
  • Selanjutnya silakan buka Software MiniTool Partition Wizard terlebih dahulu
  • Kemudian klik kanan pada salah satu partisi yang akan kamu kurangi sizenya untuk membuat partisi yang baru, lalu pilih split untuk membuat partisi yang baru
    Klik Kanan Lalu Pilih Split
  • Selanjutnya kamu atur besar size partisi yang baru di new partition size. Contohnya yang mengisi 1000MB/1GB 
    Tentukan Size Partisi Baru
  • Kemudian kamu klik tombol ceklist untuk apply changes di pojok kiri atas, selanjutnya akan muncul notifikasi lalu kamu klik ok
    Klik Apply Lalu Yes
  • Selanjutnya kamu harus bersabar, tunggu prosesnya sampai selesai. Lama proses tergantung besar size partisi yang baru yang kamu buat
    Tunggu Prosesnya
  • Jika sudah selesai maka partisi baru akan segera muncul seperti punya saya yang ada di gambar

Gimana? Lebih simple bukan dibandingkan dengan disk manajemen. Yap pastinya, kalau Minitool Partition Wizard tidak dapat memanajemen partisi harddisk dengan mudah nanti nih software nggak bakal laku.

Minitool Partition Wizard ini tersedia dalam banyak versi dan kalau hanya ingin membuat partisi harddisk yang baru menggunakan versi free seperti di atas saya rasa sudah cukup simple.

Karena hanya dengan versi free ini kalian sudah dapat membuat partisi harddisk baru maupun menambahkan ukuran partisi harddisk dengan sangat mudah.


Sehingga tak perlu memakai versi professional yang berbayar kalian sudah dapat memanajemen partisi harddisk dengan handal dan mudah tentunya.

Kesimpulan

Jadi, untuk kamu yang ingin membuat partisi baru sebagai tempat menyimpan data dengan kategori lainnya. Bisa melakukannya dengan sangat mudah menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh windows yaitu disk management.

Jika kamu kurang merasa enak menggunakan disk management, kalian dapat menggunakan software manajemen partisi harddisk yang simple dan mudah seperti MiniTool Partition Wizard ataupun software lainnya. Pilihannya ada di tanganmu. (http://www.sepukom.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "2 Cara Mudah Membagi atau Membuat Partisi Harddisk Baru Eksternal Maupun Internal di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar