2 Cara Mudah Menambahkan Kapasitas Size/Ukuran Free Space Partisi Harddisk C: di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

2 Cara Mudah Menambahkan Kapasitas Size/Ukuran Free Space Partisi Harddisk C: di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10 - setelah sebelumnya saya sudah share mengenai "2 Cara Mudah Membagi atau Membuat Partisi Harddisk Baru Eksternal Maupun Internal di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10".

Yap, kali ini saya akan share postingan dengan tema yang serupa yaitu mengenai memanajemen partisi harddisk.

Jika sebelumnya saya share mengenai cara membagi atau membuat partisi harddisk yang baru, maka kali ini saya akan membagikan tutorial cara menambahkan ukuran atau size partisi harddisk baik itu partisi C: D: E: dan berlaku untuk windows XP sampai windows 10.

Partisi biasanya terbagi menjadi 3 ruang yaitu partisi C: D: E: dengan ukuran free space yang berbeda-beda. Nah adakalanya salah satu partisi menjadi penuh, katakanlah partisi C: tempat system operasi terinstall penuh.

Supaya tidak penuh, kalian bisa lho untuk menambahkan size atau ukuran partisi C: dengan mengurangi atau mengambil sebagian free space dari partisi lain lalu dialokasikan ke partisi C: contohnya.

Cover Thumbnail Cara Mudah Menambahkan Size Ukuran Partisi Harddisk C di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10

Cara Mudah Menambahkan Kapasitas Size/Ukuran Free Space Partisi Harddisk C: di Windows XP, 7, 8, 8.1, 10

Tahukah kamu kalau partisi harddisk selain dapat dibuat lagi juga bisa ditambah kapasitasnya? Yap, mungkin udah tahu. Nah disini setelah saya sebelumnya menjelaskan mengenai cara membuat partisi harddisk yang baru baik itu harddisk internal maupun eksternal.

Maka kali ini saya akan share cara untuk menambahkan atau memperbesar kapasitas ukuran dari partisi harddisk baik itu partisi C: D: E: yang bisa dilakukan di harddisk internal dan eksternal dan pada windows XP sampai Windows 10.

Mungkin ada diantara kalian yang salah satu partisinya sudah mencapai merah atau angka yang memprihatinkan :v. Biasanya partisi C: paling sering penuh karena menyimpan sistem operasi, apalagi kalau kamu yang sering update windows.


Namun, ada juga yang partisi D: ataupun E nya malah penuh karena menyimpan terlalu banyak data seperti game maupun software yang sekarang sizenya gede banget.

Nah, lalu bagaimanakah solusi dari permasalahan tersebut? solusinya yaitu kenapa kita tidak mengalokasikan saja free space dari partisi lainnya ke partisi yang sudah sesak itu.

Lho memangnya bisa gitu? Yap tentu saja bisa, jika partisi C; pada PC kalian sudah penuh namun partisi D: dan E: kalian masih memiliki free space yang besar, maka tidak ada salahnya mengalokasikannya sedikit untuk diberikan pada partisi C:

Lalu gimana caranya? Nah, disini saya hanya menjelaskan 2 cara saja dan saya rasa cukup untuk kalian yang ingin memperbesar kapasitas partisi harddisk. Silakan kalian simak baik-baik langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Memperbesar Kapasitas Ruang Bebas Partisi Harddisk Dengan Disk management

Nah, untuk cara pertama ini kita akan menggunakan "Cara Menambah Ukuran/Size Partisi Harddisk Menggunakan Disk management". Yap kita akan menggunakan fitur bawaan dari windows terlebih dahulu.

Untuk Kalian pengguna windows yang ingin memanajemen harddisk mu, microsoft sudah menyediakan sebuah fitur yang sangat berguna. Yap dan itu adalah disk managament.

Disk management adalah sebuah fitur windows yang memungkinkan kamu untuk memanajemen partisi harddisk tanpa perlu repot menggunakan software dari pihak ketiga.

Disk management ini adalah fitur yang dapat kalian temukan di windows XP, 7, 8, 8.1 bahkan di windows 10 tentunya. Jadi bisa dibilang semua versi windows memiliki fitur bermanfaat ini.

Dengan disk management ini menambahkan ukuran partisi seperti yang akan kita bahas sangatlah mudah. Dan untuk caranya akan kita bahas, untuk awalan buatlah partisi kosong terlebih dahulu.

1. Cara Pertama Membuat Partisi Kosong dari Partisi baru
Petama-tama kita harus membuat terlebih dahulu sebuah partisi kosong atau ruang kosong untuk dijadikan pengalokasi free space nantinya.

Untuk cara membuat partisi kosong bisa baca di postingan sebelumnya tentang "2 Cara Mudah Membagi atau Membuat Partisi Harddisk Baru Eksternal Maupun Internal di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10"


Di postingan pada cara di atas sudah dijelaskan cara membuat partisi harddisk baru. Nah kita dapat mengubahnya menjadi sebuah partisi kosong. Untuk caranya silakan simak di bawah ini.

  • setelah membuat partisi baru dari cara di atas, kita buat partisi tersebut menjadi sebuah partisi kosong
  • Untuk caranya bisa silakan buka dulu "computer management" dengan cara di bawah ini
    Pada Search Windows Ketik Computer managementt
  • Selanjutnya klik tab "disk management" yang ada di sebelah kiri
    Lalu pilih tab disk managementt
  • Kemudian klik kanan pada partisi baru yang sudah kita buat di tutorial sebelumnya lalu klik delete
    Klik Kanan Pada Partisi Baru Lalu Pilih delete
  • Kemudian jika ada notifikasi seperti ini, klik yes saja
    Pilih Yes


Oke, dengan cara di atas kalian sudah dapat membuat partisi kosong yang akan kita gunakan nantinya untuk menambah partisi harddisk dengan mengalokasikan free space partisi harddisk kosong tersebut.

Oh ya ada lagi caranya untuk membuat partisi harddisk kosong. Kalau dia atas terkesan ruwet karena harus membuat partisi baru dulu. Namun dengan cara kedua ini akan lebih jelas karena kita langsung membuat dari awal partisi harddisk kosongnya.

2. Cara Kedua Membuat Partisi Kosong Dari Awal
Untuk kalian yang tidak mau repot membuat partisi harddisk dulu baru lalu kemudian delete menjadi partisi kosong. Disini saya da cara membuat partisi kosong dari awal menggunakan disk management.

Sebenarnya pada postingan sebelumnya juga sudah ada caranya membuat partisi harddisk kosong, namun agar lebih jelas bagian mananya yang merupakan caranya silakan kalian simak baik-baik langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama silakan kalian buka dulu fitur disk management
  • Caranya yaitu kalian buka search windows kemudian cari "Computer management"
    Pada Search Windows Ketik Computer managementt
  • Selanjutnya pada bagian sebelah kiri kalian klik "disk management" yang berada di bawah storage
    Lalu pilih tab disk managementt
  • Kemudian kalian klik kanan pada salah satu partisi yang akan dikurangi sizenya untuk membuat partisi kosong lalu klik shrink volume
    Klik Kanan Pada salah satu partisi lalu pilih shrink volume
  • Lalu isi ukuran sesuai dengan default size atau sesuai keinginanmu
    isi ukuran untuk partisi baru sesuai keinginan
  • Tunggu Prosesnya dan selesai

Cara Menambah Ukuran/Size Harddisk Dengan Disk management
Setelah kalian berhasil membuat partisi harddisk kosong dengan cara di atas, maka kita sudah bisa maju ke tahap selanjutnya yaitu menambah ukuran partisi harddisk yang penuh.

Nah, dengan begini kalian sudah membuat sebuah partisi kosong yang akan dijadikan sebagai awalan untuk mengalokasikan free spacenya ke partisi dengan sizenya yang penuh.

Selanjutnya adalah bagaimana caranya untuk mengalokasikan free space partisi kosong tersebut ke partisi C: (contohnya). Untuk caranya silakan kalian simak di bawah ini

  • Pertama-tama kalian klik kanan pada partisi harddisk yang ingin ditambah sizenya, lalu klik extend volume
    Klik kanan pada partisi lalu klik extend volume
  • Kemudian klik next untuk melanjutkan
    Klik Next Untuk Melanjutkan
  • Selanjutnya klik Next lagi untuk melanjutkan, jika tidak kamu atur sizenya nanti semua partisi kosong akan dipindahkan ke partisi yang kamu pilih
    Klik Next Untuk lanjut
  • Terakhir klik finish dan selesai sudah
    Klik Finish

Selesai sudah, dengan begini kalian sudah dapat membebaskan partisi harddisk yang sudah penuh dan sesak menjadi lebih lega lagi dengan memperbesar kapasitasnnya.

Sekarang kalian sudah tahu caranya menggunakan disk management yang merupakan fitur bawaan windows untuk menambah kapasitas partisi harddisk dengan mudah.

Jika merasa cara di atas sedikit ribet karena kita harus membuat partisi kosong terlebih dahulu baru bisa melakukan pengalokasian free space. Mungkin kamu perlu mencoba menambah kapasitas harddisk dengan MiniTool Partition Wizard.

Cara Menambah Ukuran/Size Partisi Harddisk Dengan MiniTool Partition Wizard


MiniTool Partition Wizard
MiniTool Partition Wizard
Software Manajemen Partisi Harddisk
Download

Untuk kalian yang merasa menggunakan disk management sangat merepotkan dikarenakan harus membuat partisi kosong terlebih dahulu baru dapat mengalokasikan free space.

Maka kamu nggak perlu khawatir karena ada juga lho cara yang nggak merepotkan, karena dengan cara satu ini kita bisa langsung menambah ukuran partisi harddisk tanpa perlu bikin partisi kosong langsung menambahkan ukuran partisi harddisknya.

Bagaimana caranya memperbesar partisi harddisk langsung tanpa bikin partisi kosong dulu? Mudah, kita hanya perlu menggunakan software dari pihak ketiga yaitu MiniTool Partition Wizard.

Sama seperti halnya dengan Disk management, MiniTool Partition Wizard ini juga berfungsi sebagai manajemen partisi harddisk. Namun, bisa dibilang Minitool ini lebih handal dan lebih mudah dalam penggunaannya dibandingkan disk management.

Nah, sama dengan disk management. Minitool partition wizard ini juga dapat mengalokasikan free space partisi lain untuk menambahkan partisi harddisk yang penuh. Untuk caranya bisa kalian simak di bawah ini:

  • Download terlebih dahulu software MiniTool Patitionya dari link di atas
  • Buka Software MiniTool Partition Wizard terlebih dahulu
  • kemudian klik kanan pada partisi yang ingin di tambahkan sizenya kemudian pilih extend
    Klik Kanan Lalu Pilih Extend
  • Selanjutnya pilih partisi yang akan dikurangi sizenya untuk ditambahkan ke partisi lain. Atur besar sizenya yang akan ditambahkan dengan cara menggeser
    Atur besar size yang akan ditambahkan
  • Kemudian Klik Tanda Ceklist yang ada dipojok kiri atas untuk apply changes, Lalu akan muncul notifikasi, klik yes saja
    Klik Apply Lalu Yes
  • Tunggu prosesnya sampai selesai, lamanya tergantung dari besar size yang ditambahkan
    Tunggu prosesnya
  • Bila Sudah Selesai nanti akan muncul notifikasi succesful. Silakan klik ok
    Klik OK


Selesai, dengan begini kalian nggak usah repot lagi jika salah satu partisi kalian penuh. Cukup gunakan saja MiniTool Partition Wizard untuk menambahkan kapasitasnya.

Dengan MiniTool Partition ini memanajmen partisi harddisk akan terasa lebih mudah dan handal dibandingkan kalian menggunakan disk management.

Meski menggunakan versi free sekalipun kalian sudah merasakan kehandalan dari Minitool Partition wizard ini dan jika ingin lebih handal lagi silakan belilah MiniTool Partition Wizard Versi Professional.

Perhatian

1. Masalah Disk management, Bagi kalian yang ingin menambahkan partisi menggunakan cara di atas dan diarahkan untuk memperbesar kapasitas partisi C: mungkin kalian memiliki masalah dengan tidak berfungsinya tombol extend volume.

Kenapa bisa begitu? Seperti yang kalian tahu, bahwa partisi C: merupakan partisi tempat sistem operasi terinstall berada. Saat kita menggunakan komputer, maka otomatis partisi C: akan digunakan untuk menjalankan sistem operasi.

Dengan menambahkan kapasitas partisi dengan cara di atas maka nantinya partisi tersebut tidak akan bisa digunakan sementara sampai proses pengalokasian selesai.

Nah, oleh karena itulah dengan cara di atas partisi C: tidak dapat ditambahkan karena sedang digunakan untuk menjalankan sistem operasi. Namun, kalian masih dapat memperbesar kapasitas partisi C: menggunakan Minitool Partition.

2. Masalah MiniTool Partition, seperti yang saya bilang di atas bahwa dengan menggunakan Minitool Partition Wizard ini kamu akan dapat menambahkan kapasitas dari partisi C: yang tidak dapat dilakukan oleh disk management.

Namun, seperti yang saya bilang di atas bahwa saat itu juga partisi C: sedang digunakan untuk menjalankan sistem operasi dan menambahkan partisi membuat partisi tersebut tidak dapt digunakan selama proses penambahan.

Jadi jangan heran ketika kalian sedang menambahkan size dari partisi C: menggunakan minitool partition wizard tiba-tiba mengirimkan pesan harus melakukan restart untuk melakukan proses pengalokasian free space.

Yap, software ini ternyata cukup cerdas juga (lebih tepatnya developernya). Karena partisi C: sedang digunakan, maka software ini akan restart komputer agar partisi tersebut tidak sedang digunakan. Dengan begitu pengalokasian free space dapat berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

Nah, dengan begini bagi kamu yang memiliki partisi harddisk penuh dan sesak akibat banyak menyimpan data-data berupa video, games maupun software sudah tidak perlu khawatir lagi jika kamu memiliki partisi lainnya yang masih banyak free spacenya.

Kalian cukup. melakukan pengalokasian free space dari partisi lainnya dengan menggunakan fitur disk management bawaan windows XP sampai windows 10.

Atau bisa juga menggunakan software dari pihak ketiga bernama MiniTool Partition Wizard yang merupakan software manajemen partisi harddisk super handal dan muda.

Jadi, segeralah bebaskanlah partisi yang sudah penuh dan sesak dengan mengalokasikan free space dari partisi lainnya. Caranya pun sangat mudah kok :) .
(http://www.sepukom.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

6 Responses to "2 Cara Mudah Menambahkan Kapasitas Size/Ukuran Free Space Partisi Harddisk C: di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10"

terima kasih..solusinya sangat membantu sekali

Balas

sip, sama-sama senang bisa membantu

Balas

Ko jdi minta restart trus..??
Saya pke metode minitool partition soalnya mau ngurangin partition system.. stelah beres.. trus ada pesan d suruh restart.. saya restart.. nah setelahd restart Ko jadi ga bisa masuk Windows.. malah d suruh pencet shift+ctrl+del to restart... Itu knapa yah?? Apa ada yang salah..??

Balas

maksudnya partisi C: tempat sistem operasi beradakah? Kalau iya maksudnya mengurangi gimana yah? Apa dengan cara membuat partisi baru seperti ini http://www.sepukom.com/2015/05/cara-membagi-membuat-partisi-harddisk-baru-internal-eksternal-baru-di-windows-7-8-81-10.html? Atau gimana? Harusnya sih berjalan dengan lancar soalnya setelah di restart bakal mucul tulisan-tulisan gitu yang intinya mengenai proses penambahan partisi. Coba ikutin aja perintahnya yaitu tekan shift + ctrl + del buat restart, nanti normal nggak?

Balas

Mksh gan, sngat membantu sekali....

Balas

yap, sama -sama senang bisa membantu

Balas

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar