2 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet (Speed Test) Secara Akurat

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

2 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet (Speed Test) Secara Akurat - Oke, kali ini setelah sebelumnya saya sudah share "4 Cara Mudah Melihat dan Mengecek Spesifikasi Komputer Maupun Laptop (PC)", kali ini saya akan share mengenai Cara mengecek kecepatan Internet milik kamu atau Test Speed internet.

Apakah kamu memiliki internet di rumah kamu? Wifi atau berupa paket data? Tahukah kamu kecepatan atau speed internet kamu? Pernahkan kamu menguji speed atau kecepatan internet milik kamu?

Mungkin ada diantara kalian yang memiliki internet di rumah baik itu berupa modem ataupun wifi dari provider manapun untuk membuka blog ini. Yap sekarang mah sudah banyak orang yang memiliki hotspot pribadi seperti wifi.

Gambar Animasi Wifi

Yap seiring dengannya perubahan zaman yang semakin hari makin modern ini, penggunaan wifi sudah tidak asing lagi baik itu yang tersebar secara free di sekolah, kafe ataupun alun-alun misalnya ataupun yang memiliki modem yang menggunakan kartu dan pulsa.

Tapi bukan kemajuan itu yang akan kita bahas, kali ini kita akan bahas "2 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet (Speed Test) Secara Akurat". Yap itulah topik pembahasan kita di postingan kali ini, untuk itu mari lanjut ke topik.

2 Cara Mudah Mengecek Untuk Mengetahui Kecepatan Internet (Speed Test) Secara Akurat

Oke kali ini kita akan mencoba masuk ke inti pembicaraan yaitu Cara mengetes kecepatan internet yang kalian miliki.

Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa sekarang sudah bukan jamannya lagi bila ada orang yang tidak mengenal yang namanya internet, karena saat ini internet sudah sudah menjadi kebutuhan pokok atau sudah menjadi kebutuhan utama.

Yap memang bukan hal yang tak dapat dipungkiri bahwa internet ini kebutuhannya sudah sangat penting sekali di era globalisasi ini. Meski dulu internet cuma dipandang sebelah mata dan hanya digunakan untuk kebutuhan militer.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu penggunaan internet ini mulai diminati dan mulai berkembang pemakaiannya. Internet yang semula digunakan untuk kebutuhuan militer sekarang sudah menjadi kebutuhan untuk banyak hal.

Katakanlah sekarang hampir semua pekerjaan membutuhkan internet, yap kalian pasti sudah menyadarinya bahwa sekarang internet bisa ditemukan di sekitar kehidupan kalian.

Bahkan pelajar dan mahasiswa sudah menjadikan internet sebagai kebutuhan belajar yang sangat penting. Hal ini karena internet itu sendiri dapat membuat sang pelajar belajar dengan lebih mudah dibandingkan tidak memakai internet.

Kegiatan Browsing Menggunakan Internet

Yap memang benar kalau kebanyakan pengguna internet menggunakannya untuk melakukan browsing. Kegiatan browsing ini paling sering dipakai oleh para pelajar dari SD sampai SMA bahkan Mahasiswa untuk melaksanakan berbagai tugasnya.

Selain itu ada juga pekerja kantoran yang kerjanya tiap hari didepan PC baik itu komputer dekstop maupun laptop untuk melakukan kegiatan browsing atau hal lainnya yang menggunakan internet sebagai pelaksanaan tugasnya.

Mungkin ada diantara kalian yang merupakan seorang pelajar sering mengalami hal di atas, misalnya jika kalian disuruh membuat makalah pastinya kalian lari ke browsing untuk mencari informasinya lebih dulu bahkan untuk mahasiswa yang mengerjakan skripsinya.

Dengan begini penggunaan internet sudah sangat dibutuhkan di zaman ini. Tapi sekali lagi dengan berjalannya waktu penggunaan internet selain harus ada, namun juga harus cepat.

Yap saat ini jika jaringan internet lambat akan membuat pekerjaan kamu tertunda karena harus menunggu loading yang lamanya banget. Tentu saja hal ini akan merugikan sekali bagi setiap pengguna internet.

Nah untuk itulah banyak orang yang tidak segan-segan merogoh kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkan sebuah jaringan internet dengan kecepatan atau speed yang mereka inginkan. Mungkin kalian adalah salah satunya.

Namun, apakah kalian mengetahui kecepatan jaringan internet yang kalian miliki saat ini? kalau belum sebaiknya segera kamu ketahui. Hal ini karena banyak orang yang tidak mengetahui kecepatan dari jaringan yang mereka miliki.

Dengan mengecek dan mengetes kecepatan jaringan internet kamu, maka kamu akan mengetahui seberapa cepat internet kamu. Baik jaringan internet kamu lambat maupun memiliki kecepatan yang super cepat.

Internet Ngebut

Hal ini sangat berguna untuk kamu yang sering mengeluhkan jaringan internet yang super lelet, karena setelah kamu melakukan pengetesan maka kamu sendiri akan mengetahui seberapa cepat jaringan internet yang dipakai.

Jadi kalau internet kalian terasa lelet dan ketika dicek ternyata jaringannya memang memiliki speed yang lelet. Segeralah upgrade wifi kalian ke tingkat yang lebih baik atau ganti kartu yang lebih baik untuk pengguna modem.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa sekarang ini jarang orang memiliki koneksi jaringan internet yang lelet. Hal ini dikarenakan maraknya penggunaan internet membuat banyak pihak yang menyediakan layanan internet dengan murah dan cepat.

Katakanlah sekarang rata-rata orang yang menggunakan layanan wifi speedy mereka berlangganan wifi dengan speed minimal 1 mbps dan sekarang sudah jarang yang menggunakan speed 512 kbps untuk langganan di wifi speedy.

Lalu berapakah kecepatan koneksi internet yang kamu miliki? Untuk itu disini saya akan menjelaskan caranya, kebetulan saya akan menjelaskan 2 cara saja yaitu menggunakan speed test dan menggunakan speed tellin.

Saya rasa 2 cara ini sudah cukup karena kedua cara ini terbilang sangat mudah dan pengukurannya pun sangat akurat. Jadi mari kita bahas kedua cara ini.

Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet di Speed Test

Oke untuk cara yang pertama ini saya akan menjelaskan "Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet di Speed Test". Untuk cara ini kita akan mengandalkan speedtest.net yang merupakan situs pengecek kecepatan jaringan internet terpercaya.

Speedtest ini merupakan layanan yang dikembangkan oleh Ookla Net Metrics dan diluncurkan pada tahun 2006 silam. Speedtest ini banyak digunakan oleh orang untuk mengecek atau mengetest bandwidth jaringan internet.

Speedtest ini sangat populer karena penggunaannya yang sangat mudah dan keakuratan dari hasil pengecekan yang terjamin. Speedtest ini selain tersedia dalam bentuk layanan web, namun sekarang juga sudah mendukung mobile app.

Cara kerja dari speedtest ini adalah layanan ini akan melacak keberadaan kita dan mencari server terdekat yang berada di sekitar kita kemudian melakukan pengecekan dan pengetesan bandwidth yang ditampilkan berupa ping serta kecepatan download dan upload.

Untuk tampilan speedtest versi webnya bisa kamu lihat di bawah ini:

Tampilan Speedtest Versi Web

Cara Menggunakan Speedtest Untuk Mengukur Bandwidth Internet

Sebenarnya penggunaan speedtest sendiri tergolong sangat mudah sekali yang bahkan anak kecil pun tau, karena kamu hanya diharuskan mengklik tombolo begin Test yang terlihat pada gambar di atas (Tombol dengan warna hijau itu lho!), untuk langkahnya silakan simak

  • Buka terlebih dahulu web speedtest
  • Kemudian klik tombol Begin test
  • Terakhir silakan tunggu proses pengetesan bandwidth internet kamu berupa ping serta kecepatan download dan upload

Dengan cara di atas, speedtest akan mendeteksi lokasi kamu kemudian layanan ini akan mencari server yang paling dekat dengan lokasimu. Kemudian dilakukanlah pengetesan serta pengukuran untuk menampilkan bandwidth kamu berupa ping kecepatan download dan upload.

Nah itulah cara menggunakan speedtest, sangat mudah dan simple. Namun hasilnya sangat akurat dan tepat, itulah yang membuat speedtest ini menjadi layanan pengetes bandwidth internet terpercaya.

Fitur-Fitur Speedtest

Selain dari keakuratan pengetesannya, Speedtest ini memiliki fitur-fitur yang sangat dibutuhkan bila kamu ingin mengetahui seberapa cepat koneksi jaringan internet kamu. Fitur-fitur tersebut yaitu

  • Mengetahui lokasi dan IP address dari suatu jaringan internet
  • Mengukur besar ping dari suatu jaringan internet
  • Mengukur kecepatan download dari suatu jaringan internet
  • mengukur kecepatan upload dari suatu jaringan internet

Lengkap bener fiturnya, panteslah kalau speedtest ini sering digunakan banyak orang. Karena selain dari kemudahan penggunaannya namun juga fitur-fitur yang lengkap untuk kamu yang memang ingin mengetes koneksi jaringan internet kamu.

Cara Mudah Mengganti Satuan Bandwidth Speedtest

Oke, mungkin setelah kamu mengetes jaringan internet kalian di speedtest menyadari bahwa hasil dari kecepatan upload maupun download menggunakan satuan mega bit per second (mbps). Satuan tersebut memang yang paling sering digunakan untuk mengukur kecepatan bandwidth internet.

Namun, mungkin ada diantara kalian tidak biasa dengan satuan tersebut karena biasanya pada IDM kalian melihatnya dengan satuan Kilo Bytes Per Second (KBps) ataupun Mega Bytes Per Second (MBps). Yap letak perbedaanya adalah antara bit dan bytes.

Sebenarnya caranya sih sangat mudah untuk konversi dari bit ke bytes, karena kamu hanya tinggal membaginya dengan 8 (satuan 1 bytes = 8 bit). Sebagai contoh jika hasil yang diperlihatkan adalah 10 mbps maka kalau kita konversikan ke bytes akan menjadi sekitar 1,25 MBps.

Caranya cukup mudah bukan? Yap jelas mudah karena kita disini berpacu dengan angka 8 sehingga kamu tinggal membaginya saja dengan angka 8 yang anak sd pun bisa atau kalau nggak mau repot membagi kamu bisa saja pakai kalkulator.

Akan tetapi bagi kalian yang nggak ingin repot-repot melakukan pembagian dan ingin langsung melihat hasilnya dengan satuan yang diinginkan saya memiliki caranya. Karena rupanya speedtest pun sudah menyediakan fiturnya.

Yap Speedtest rupanya menyediakan fitur untuk mengganti satuan yang akan ditampilkan sebagai hasil dari pengukuran bandwidth internet kamu. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan kita melihat hasil dengan satuan yang diinginkan.

Untuk caranya sangat mudah sekali karena kalian hanya tinggal mendaftar lalu mengubah settingannya. Cukup simple, nah silakan disimak langkah-langkahnya:

  • Pertama silakan daftar terlebih dahulu di speedtest.net
  • Setelah itu klik tulisan setting yang berada di jajaran atas
    setting speed test
  • Terakhir pada Speed Measurement silakan pilih satuan yang ingin digunakan
    Speed Measurement

Setelah para pengunjung sekalian menentukan satuan yang akan digunakan untuk hasil pengukuran kecepatan jaringan internet, maka kalian sudah nggak harus dipusingkan kembali dengan yang namanya tidak mengerti dengan jumlah satuan yang dihadirkan.

Hal ini karena dengan cara di atas maka speedtest akan menampilkan hasil pengukuran dengan satuan bandwidth yang pengguna inginkan contohnya adalah KBps yang digunakan oleh IDM.

Tentunya ini dapat membuat kamu bisa membandingkan hasil dari IDM dengan speedtest untuk membuktikan keakuratannya dalam pengukuran haringan internet.

Nah setelah kamu menentukan satuan yang dinginkan, maka sekarang kamu bisa melihat hasil dari pengukuran jaringan internet. Kalian hanya tinggal klik Begin test maka hasil pengukuran sesuai dengan satuan yang diinginkan akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Satuan Mega bit per second (mbps)

Mega bit per second (Mbps) ini merupakan satuan default atau satuan awal yang ditampilkan oleh speedtest sebagai hasilnya. Sebenarnya satuan ini pun sudah cukup untuk menjadi acuan kecepatan bandwidth internet kamu/

Hal ini karena satuan ini sering digunakan untuk menunjukkan bandwidth internet, contohnya saja layanan internet speedy yang mempromosikan layanannya dengan satuan mega bit seperti layanan kecepatan 1 mbps, 5 mbps, 10 mbps, 50mbps ataupun 100 mbps.

Selanjutnya untuk mengkonversikannya pun mudah, karena anggap saja begini 1 bytes = 8 bit. Jika kita balikkan maka 8 bit = 1 byte. Mudah bukan? untuk 1 megabit = 1000 kilobit = 1000000 bit. Oke untuk penampakan hasil pengukuran dengan satuan mega bit bisa lihat di bawah ini:

Bandwidth Jaringan Internet Speedtest satuan megabytes

Nah itulah hasil pengukuran bandwidth jaringan internet saya melalui speedtest dengan hasil menggunakan satuan megabit per second (mbps). Sekedar info saja saya menggunakan layanan speedy dengan bandwidth 10 mbps, ini artinya pengukuran speedtest ini tepat dan akurat.

Satuan Mega Bytes Per Second (MBps)

Ini merupakan satuan yang sama dengan sebelumnya yaitu mega, hanya berbeda yaitu antara bit dan byte. Untuk satuan ini kebanyakan digunakan untuk kecepatan download pada download manager. Contohnya saja EagleGet dan IDM.

Download juga downloader terbaik dan gratis untuk mempercepat serta memaksimalkan kecepatan Download


Eagleget Logo
Eagleget
Software Downloader Gratis Alternatif IDM
Download

Yap biasanya kalau kecepatan download dari koneksi jaringan internet sudah melebihi KBps (Kilo Byte per second) maka satuan MBps (Mega Byte Per Second) lah yang akan ditampilkan oleh downloader semacam IDM dan Eagleget.

Nah untuk penampakan pengukuran bandwidth jaringan internet menggunakan satuan Mega Byte Per Second bisa kalian lihat di bawah ini:

Bandwidth Jaringan Internet Speedtest satuan megabytes

Itulah penampakannya, sekedar informasi lagi bahwa saat saya download sebuah file dengan menggunakan IDM di jaringan internet saya. Kecepatan download yang tertera di IDM kira-kira sama dengan yang ditampilkan speedtest di atas ini membuktikan speedtest akurat.

Satuan Kilo bit per second (kbps)

Diantara banyaknya satuan yang ditampilkan, kilo bit per second atau kbps ini merupakan sebuah satuan bandwidth yang jarang digunakan. Sampai saat ini saya tidak dapat memberi contoh satuan ini digunakan oleh apa, tapi satuan ini tetap bisa dipakai juga.

Untuk melihat penampakannya silakan lihat gambar di bawah ini yang merupakan hasil pengukuran bandwidth jaringan internet menggunakan speedtest dengan satuan kilobit:

Bandwidth Jaringan Internet Speedtest satuan kilobits

Nah itulah kira-kira penampilan pengukuran jaringan internet kamu dengan menggunakan satuan kilobits, secara umum mungkin akan kurang enak kalau menggunakan satuan ini.

Satuan Kilo byte Per Second (KBps)

Sama halnya dengan satuan Mega Byte Per Second (MBps), satuan Kilo Byte ini sering digunakan untuk pengukuran kecepatan download pada sebuah downloader.

Yap biasanya IDM dan Eagleget akan menggunakan satuan KBps jika kecepatan download jaringan internet kita di bawah 1 MBps. Saya rasa kalian sudah sering melihatnya sendiri ketika mengunduh menggunakan IDM.

Diantara satuan bandwidth jaringan internet sebelumnya, kebanyakan orang lebih mudah dan lebih paham dengan menggunakan satuan KBps ini. Untuk penampakan bandwidth jaringan internet yang diukur menggunakan speedtest dengan satuan KBps:

Bandwidth Jaringan Internet Speedtest satuan kilobytes

Sekarang para pengunjung sekalian sudah bisa mengukur dan mengecek kecepatan jaringan internet yang para pengunjung gunakan. Di  speedtest.net ini para pengunjung sekalian dappat melihat kecepatan jaringan internet dalam satuan megabits, megabytes, kilobits dan kilobytes. Bila pengunjung ingin mengetahui kecepatan atau download yang akurat gunakan satuan kilobytes (kB) karena satuan yang digunakan untuk download adalah kilobytes (kB)

Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Speed Tellin

Cara kedua untuk cara cek kecepatan internet ini sama dengan cara pertama, karena di cara kedua ini kita juga akan mengandalkan situs yang menyediakan layanan untuk mengecek kecepatan internet.

Yap kali ini akan akan menggunakan salah satu layanan web yang sama seperti speedtest bernama speedtellin. Ini merupakan layanan yang menawarkan pengukuran serta pengetesan bandwidth koneksi jaringan internet milik kalian.

Sama halnya dengan speedtest, speedtelli ini menyediakan layanan pengecekan bandwidth internet yang akurat dan terjamin keakuratan dari pengetesan tersebut.

Speedtellin ini menghadirkan hasil dari pengukuran atau pengetesan bandwitdh jaringan internet kalian dengan hasil berupa besar ping serta kecepatan download serta upload. 

Tampilan Speedtellin versi web

Nah itulah tampilan dari layanan speed tellin versi web yang terlihat pada gambar di atas. sama seperti speedtest. Layanan speed tellin ini juga dikembangkan oleh Ookla Net Metrics.

Entah kenapa Ookla Net Metrics mengembangkan speed tellin juga yang padahal jelas-jelas mereka juga sudah memiliki speed test. Namun biarlah, karena kedua layanan tersebut sangat bermanfaat untuk mengukur bandwidth internet kita secara akurat.

Cara Menggunakan Speed Tellin Untuk Mengukur Bandwidth Internet

Sebenarnya menggunakan speed tellin ini sangat mudah sekali. Layaknya speedtest, untuk memulai mengukur bandwidth dari jaringan internet milik kita.

Karena caranya pun sama seperti speed test, kalian hanya perlu klik "begin test" dan membiarkan speed tellin mengetes jaringan internet kita dan menyediakan hasilnya berupa ping kecepatan download serta upload.

Baiklah untuk langkah-langkah dari menggunakan Speed Tellin untuk mengukur bandwidth jaringan internet kita, silakan disimak baik-baik karena caranya sendiri pun sangat mudah yang bahkan anak kecil pun bisa melakukannya.

  • Pertama-tama bukalah terlebih dahulu situs speedtest.telin.co.id
  • Selanjutnya silakan kamu klik tulisan/tombol begin test
  • Terakhir tinggal menunggu proses pengetesan bandwidth internet kamu yang akan dilaporkan hasilnya berupa ping, kecepatan download dan upload

Setelah menunggu sebentar (tenang! nggak bakal lama-lama amat), maka Speed tellin akan menunjukkan hasil dari pengecekan bandwidth terhadap jaringan internet kita seperti gambar di bawah ini:

Bandwidth Jaringan Internet Speedtellin satuan megabit

Cara kerja dari speed tellin ini mirip dengan speedtest yaitu speed tellin akan melacak lokasi keberadaan kita lalu mencari server terdekat kemudian mengujinya untuk menampilkan bandwidth internet kita berupa ping, kecepatan download dan upload (seperti gambar di atas).

Speed tellin ini pun tidak kalah akuratnya dalam mengukur bandwidth internet kita, contoh saja seperti di atas. Speed tellin menunjukkan kecepatan download internet saya 10 mbps dan saya memang berlangganan speedy paket 10 mbps.

Selain itu, dengan speed tellin ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan speedtest. Jika di speedtest kita harus mengganti terlebih dahulu di pengaturan atau setting untuk melihat hasil bandwidth dalam satuan yang berbeda.

Namun, bila di speedtellin kamu dapat melihat bandwidth jaringan internet kamu dalam berbagai satuan langsung tanpa harus setting terlebih dahulu.

Yap, seperti gambar di atas terlihat bahwa ada tulisan berwarna hitam di bawahnya yang menunjukkan bandwidth internet dalam satuan berbeda yaitu satuan kbps dan KBps.

Nah itulah speedtellin dan speedtest yang merupakan layanan untuk mengukur bandwidth jaringan internet kalian dengan akurat tanpa ada masalah.

Kesimpulan

Selesai juga postingan saya kali ini mengenai cara jitu untuk mengukur bandwidth jaringan internet secara akurat menggunakan speedtest dan speedtellin.

Dengan cara di atas semoga kamu sudah puas dengan hasil yang diberikan atas pengetesan dari bandwidth internet kamu dan juga semoga saja hasilnya cukup akurat untuk menunjukkan bandwidth internetmu.

Jadi jika hasilnya ternyata internetmu memang lambat, maka jangan gomel-ngomel lagi kalau pas browsing lama banget muncul hasilnya, karena memang kamu harus segera upgrade speednya jika kamu ingin hasil lebih baik lagi.
(http://www.sepukom.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "2 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet (Speed Test) Secara Akurat"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar