2 Cara Jitu Memblokir Program Dengan Firewall

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

2 Cara Jitu Memblokir Program Dengan Firewall - Setelah sebelumnya saya sudah share mengenai " Cara Mudah Menambahkan Kapasitas Size/Ukuran Free Space Partisi Harddisk C: di Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10".

Kali ini saya akan share sebuah trik mengenai cara jitu untuk memblokir program pada PC (Personal Computer) dengan menggunakan firewall. Yap, disini akan share dengan menjelaskan 2 cara yang cukup ampuh untuk memblokir program.

Untuk kalian yang ingin agar salah satu program pada komputer atau laptop tidak dapat mengakses internet maka kita dapat menggunakan firewall untuk memblokirnya. Lho kok bisa gitu? bisa, dengan firewall? Sebenarnya apa firewall itu? Yuk kita kenali dulu baru bahas tutorialnya.

Cara Firewall Bekerja

2 Cara Jitu Memblokir Program Dengan Firewall

Nah, sekarang kamu tahu bukan bahwa firewall ini berfungsi supaya program bisa kita blokir untuk mengakses atau diakses oleh internet atau bahkan kita dapat mengizinkan program supaya diakses internet.

Jadi mungkin kalian tahu bahwa dengan blokir program dengan internet maka bisa dipastikan program tersebut akan aman dari virus. Yap kebanyakan orang memblokir program dengan firewall agar program tersebut aman.

Lalu adakah fungsi lainnya? Ada, karena dengan memblokir program dengan firewall akan membuat sang program tidak akan dapat diakses oleh internet. Artinya tidak akan ada yang bisa mengganggunya.

Nah, hal ini sering dimanfaatkan untuk membuat software full version hasil bajakan tidak terkena blacklist. Yap, mungkin kalian yang sering download software full di internet sering disarankan untuk memblokir program tersebut.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa untuk memblacklist program, maka program tersebut memang harus terkoneksi dengan internet karena kalau misla program tersebut tidak terkoneksi internet maka sudah pasti pihak developer tidak bisa mengaksesnnya afar diblacklist.

Oleh karena itu firewall dijadikan sebagai senjata ampuh untuk menghindari blacklist dan memang sampai sekarang ini masih menjadi senjata super ampuh.

Namun, jangan sampai kamu malah memblokir yang memang membutuhkan koneksi internet. nantinya malah nggak bakal bener karena program tersebut tidak bisa melakukan fungsinya. Lho kok bisa begitu?

Ya iyalah, coba aja kalau kalian blokir misalkan Iobit driver booster menggunakan firewall. lalu gimana caranya kamu download driver kalau misalnya driver boosternya aja nggak bisa connect ke internet?

Nah, untuk itulah kamu harus pilih-pilih mana saja program yang bisa diblokir firewall sehingga tidak menghilangkan fungsinya. Lalu, bagaimana caranya memblokir program menggunakan firewall?

Disini saya akan share menjadi 2 cara dan super mudah lho, yaitu  dengan menggunakan firewall bawaan windows dan dengan menggunakan software pihak ketiga bernama firewall app blocker.

Cara Blokir Program Menggunakan Firewal Windows

Setelah kalian mengetahui mengenai fungsi dari firewall untuk memblokir program dan dapat juga sebagai solusi agar program tidak dapat di blacklist. Maka mungkin kalian ingin memblokir salah satu atau beberapa program di PC kalian.

Untuk cara pertama ini saya akan share dengan cara menggunakan fitur bawaan windows dahulu. Yap, windows sendiri sudah menyediakan fitur firewall sebagai fitur bawaan mereka.

Fitur firewall ini dapat kamu temukan di semua versi windows dari windows XP, windows 7, windows 8, windows 8.1 sampai windows terbaru yaitu windows 10.

Tentu saja fitur ini harus ada, karena firewall bisa dibilang masuk ke fitur keamanan karena fungsinya memblokir program. Jadi jika ada program tidak dikenal berjalan maka firewall akan menanyakan kita mengenai program tersebut (diizinkan atau tidak)/

Kalau begitu bagi kamu yang ingin blokir program cukup gunakan saja firewall windows toh meskipun pakai pihak ketiga fungsinya sama saja dan tidak ada bedanya.

Oh ya, biasanya ketika kalian menginstall antivirus yang memiliki firewall maka firewall windows akan digantikan oleh firewall antivirus, maka jika begitu kamu tidak bisa menggunakan firewall windows dan harus menggunakan firewall antivirus tersebut.

Oke, kalau kamu sudah memastikan bahwa firewall windows masih berfungsi dan karena memang kamu tidak install antivirus yang memakai firewall. Maka simak langkah-langkah memblokir program dengan firewall windows di bawah ini:

  • Pertama-tama kamu buka terlebih dahulu firewall windows 
  • Untuk cara membukanya disini saya punya 2 cara silakan dipilih yang mana

1. Cara Membuka Firewall Melalui Control Panel
untuk cara membuka firewall windows yang pertama kita akan menggunakan control panel. Karena firewall windows ini merupakan sebuah fitur windows maka wajar saja jika lokasinya terletak di control panel. Silakan simak langkah-langkahnya:

  • Silakan buka terlebih dahulu control panelnya
  • Untuk caranya pertama buka terlebih dahulu Windows Explorer, bisa dengan menggunakan tombol windows + E
    Buka Windows Explorer
  • Selanjutnya ada dua pilihan untuk membuka control panel (lihat gambar di bawah ini)
    2 Cara Buka Control Panel
  • Selanjutnya di control panel, buka Systems and Security
    Buka Systems an Security di Control Panel
  • Kemudian silakan klik windows firewall untuk membukanya
    Klik Windows Firewall

itulah caranya membuka firewall dengan menggunakan control panel. Terasa ribet? saya punya satu cara lagi yang lebih mudah daripada cara di atas, yaitu dengan menggunakan search windows.

2. Cara Membuka Firewall Windows dengan Search Windows
Selain menggunakan control panel, firewall windows rupanya juga bisa dibuka dengan menggunakan fitur search windows. Seperti yang kita tahu bahwa letak firewall sendiri berada di control panel.

Nah, dengan menggunakan search windows ini maka kita dapat menemukan firewall lalu membukanya dengan mudah dibandingkan menggunakan cara sebelumnya. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Silakan bukalah fitur search windows terlebih dahulu
  • kemudian ketikkan kata "windows Firewall"
  • Selanjutnya silakan buka Windows Firewallnya
    Pada Search ketikkan Windows Firewall kemudian buka

Setelah Firewallnya terbuka sekarang kita akan lanjut lagi dan balik lagi ke topik untuk memblokir program dengan firewall. Untuk Caranya sendiri cukup mudah lho, silakan simak biak-baik.

Lanjut Lagi Ke Cara Memblokir Program Dengan Firewall Windows
Setelah kamu sudah berhasil membuka fitur windows firewall, maka mari kita lanjutkan ke cara untuk memblokir program dengan firewall windows ini.

Saya ingatkan lagi, jangan memblokir program yang membutuhkan koneksi internet, karena bisa membuat program tersebut tidak bisa melakukan fungsinya. oke, caranya sangat mudah tinggal kalian simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Buka terlebih dahulu windows firewallnya dengan cara di atas
  • Selanjutnya pada bagian kiri klik Allow an app or feature through Windows Firewall
    Klik Allow an app or feature through Windows Firewall
  • Selanjutnya kalian tinggal memblokir program yang ada
  • Untuk mendapatkan program yang tidak ada di list, kamu tinggal klik "allow another app"
    Klik Allow another app untuk mecari program
  • Selanjutnya, klik browser untuk mencari program
    Klik Browser untuk mencari program
  • Lalu carilah lokasi atau alamat dari program yang ingin ditambahkan
    Cari Lokasi Program lalu klik open
  • Selanjutnya klik add untuk menambahkannya
    Klik Add Untuk Menambahkan Program
  • Terakhir untuk memblokir program hilangkan centang pada private dan public
    Blokirlah program (ceklisy untuk mengizinkan)

Nah, itulah caranya memblokir program menggunakan firewall windows. Caranya sangat mudah, namun terkesan rada ribet. Untuk yang merasa caranya ara ribet saya punya cara lagi nih.

Yap, kalau nggak mau ribet dengan cara di atas kita bisa menggunakan software dari pihak ketiga. Tentunya dengan menggunakan pihak ketiga ini akan terkesan lebih mudah dibandingkan dengan cara di atas. Silakan simak di bawah ini.

Cara Memblokir program Menggunakan Firewall App Blocker


Logo Firewall App Blocker (FAB)
Firewall App Blocker (FAB)
Software Firewall Portable
Download

Bagi kalian yang merasa memblokir program menggunakan windows firewall terkesan ribet dan tidak efektif serta efisien. Maka kalian nggak usah khawatir karena saya masih punya cara lainnya.

Yap, kita akan menggunakan sebuah software bernama firewall app blocker yang merupakan software firewall portable untuk memblokir program layaknya firewall windows.

Dengan Firewall App Blocker ini urusan untuk memblokir program dengan firewall bukanlah hal yang sulit lagi karena penggunaannya sangat simple. Terlebih lagi software ini merupakan program portable jadi nggak perlu install.

Jadi untuk kamu yang nggak mau ribet untuk melakukan blokir program dengan firewall bisa menggunakan software firewall app blocker ini. Langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini:

  • Download terlebih dahulu firewall app blokernya, bisa dari link di atas
  • Buka softwarenya dengan mengklik Firewall App Blocker 1.4.exe
  • Setelah terbuka klik tanda plus (+) untuk menambahkan program yang ingin kamu blokir
    Klik Tanda plus
  • Selanjutnya arahkan ke lokasi file program yang akan di blokir, contohnya saya akan memblokir AIMP. Nah yang harus saya lakukan ialah mengarahkannya ke lokasi terinstallnya AIMP yaitu di C:\Program Files (x86)\AIMP3
    Arahkan ke lokasi file

  • Terakhir klik tanda ceklist untuk apply setting
    Klik Tanda Ceklist
  • Nah selesai sudah, sekarang winrar saya sudah saya blokir untuk menambahkan program yang lain lakukan langkah di atas dari awal.

Sekarang kamu sudah berhasil memblokir program dengan firewall app blocker. Bagaimana? Lebih mudah menggunakan firewall app blocker dibandingkan dengan menggunakan firewall windows kan.

Namun, mau kamu pakai firewall windows ataupun menggunakan firewall app blocker fungsinya masih sama saja kok untuk memblokir program agar tidak dapat diaskes internet.

Kesimpulan

Jadi, untuk kalian yang merasa ingin memblokir sebuah program agar tidak dapat diakses oleh internet maka kalian dapat melakukannya dengan mudah.

Entah itu supaya mencegah program tersebut dapat mengakses internet untuk keamanan ataupun agar program tersebut terhindar blacklist dari pihak developer.

Namun, yang pasti memblokir firewall dapat dilakukan dengan mudah menggunakan firewall bawaan dari windows maupun menggunakan software dari pihak ketiga yaitu firewall app blocker, Menggunakan carr manapun tujuannya masih sama.

Tetapi jangan sampai kalian memblokir program yang membutuhkan internet untuk menjalankan fungsinya dengan firewall. Oleh karena itu blokirlah program yang memang dapat tetap berjalan fungsinya meski sudah diblokir.
(http://www.sepukom.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Hanya seorang yang menyukai teknologi dan membagikan pengetahuannya tersebut di blognya

Website:
Social Media:

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "2 Cara Jitu Memblokir Program Dengan Firewall"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar