2 Cara Mudah Membuat Direct Link Download di Google Drive

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

2 Cara Mudah Membuat Direct Link Download di Google Drive - Setelah sebelumnya saya sudah share mengenai "2 Cara Jitu Memblokir Program Dengan Firewall", kali ini saya akan share cara membuat direct link dengan google drive.

Yap, kali saya akan share mengenai trik mudah untuk menciptakan sebuah direct link download dengan menggunakan layanan hosting gratis dari google drive. Mungkin ada diantara kalian  pemilik website yang ingin membuat direct lin download.

Nah, bagi kamu pemilik blog dan website bertemakan download software maupun game atau bahkan video menginginkan menyediakannya dalam direct link download, maka kamu bisa menggunakan hosting google drivve untuk melakukannya.

Benar, hosting dari google ini memiliki fitur untuk membuat link download menjadi sebuah direct link. Sebelum kita lanjut ke tutorial ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai google Drive yang merupakan file hosting Google.

Gambar Logo Google Drive

Cara Mudah Upload File Ke Google Drive

Sebelum kita membuat direct lin download, maka tentunya kita harus mengunggah sebuah filenya terlebih dahulu baru kemudian kita baru bisa membuat direct link downloadnya (ya iyalah).

Melakukan upload di google drive sebarnya cukup mudah dan rasanya tidak perlu saya jelaskan lagi. Namun, demi menghadirkan tutorial selengkap-lengkapnya maka tidak ada salahnya saya share dulu mengenai cara uploadnya.

Oh ya, dengan memberikan tutorial ini agar kamu tidak salah ketika setting privasi file yang diupload. Karena agar file yang di upload dapat di akses seluruh orang maka harus disetting menjadi publik. Untuk cara uploadnya silakan simak di bawah ini:

  • Pertama tentunya kamu harus punya akun google atau gmail untuk bisa masuk ke google drive
  • Login terlebih dahulu menggunakan akun google anda ke Google Drive
  • Setelah masuk Google Drive klik tulisan New di pojok kiri atas lalu klik tulisan File Upload
    Klik Tombol New Lalu Klik FIle Upload
  • Pilih file yang ingin anda upload, contoh: Aimp
    Cari Lokasi File Yang Akan di Upload lalu Klik Open
  • Setelah upload file selesai, klik kanan pada bekas lalu klik share
    klik share
  • Kemudian klik advanced
    Klik Advanced
  • Kemudian Klik change
    Klik Change
  • Jadikan sebagai public access dengan cara ganti Off ke On lalu klik save 
    Pilih Public On The Web Lalu Klik Save
  • Sekarang file yang anda upload telah siap, silakan lanjut membaca untuk menjadikannya direct link

Dengan begini langkah upload yang kamu lakukan sudah benar karena semua orang (pengguna internet) sudah dapat mengakses file yang kamu unggah. selanjutnya kita bisa masuk ke taha cara membuat direct link, disini kita memiliki 2 cara silakan disimak.

2 Cara Membuat Direct Link Download di Google Drive

Oke, Setelah kalian sudah berhasil mengupload file ke Google Drive maka sudah saatnya kita untuk lanjut kebagian tutorial cara membuat direct link di Google Drive.

Sebenarnya apa sih direct link download itu? Mungkin untuk kamu yang hobinya download pasti udah pada tahu kan mengenai direct link download. Biasa di bilang direct link download merupakan link download langsung.

Jika pada link download biasanya ketika kita klik link download tersebut maka kita akan di arahkan ke situs downloadnya baru kita bis mengunduh filenya. Namun, jika direct link download ketika kita klik link downloadnya maka file akan langsung terdownload.

Gambar Direct Link Download Google Drive Generator

Yap, itulah perbedaannya antara harus mengunjungi dulu situs download dan antara diklik langsung terdownload. Bisa dibilang direct link download adalah link paling efisien dan efektif.

Jadi, buat kalian pemilik situs, web ataupun blog download jika ingin pengunjung merasa aman dengan kemudahan yang ada. Maka kalian bisa mencoba menggunakan direct link download untuk dijadikan sebagai link downloadmu.

Sudah banyak situs download menerapkan ini demi kenyamanan pengunjung dan efektif dalam mengunduh berbagai file yang disediakan web tersebut. Nah, untukmu yang ingin membuatnya bisa kamu baca di bawah ini:

Oh ya, kelupaan, sebelum kamu membuat direct link download tentunya harus tahu dulu bukan link dari file yang sudah kita upload sebelumnya. Untuk Linknya kalian bisa menggunakan beberapa cara lihat di bawah ini

  • Setelah kita upload klik share
    klik share
  • Selanjutnya kalian sudah dapat melihat link file kalian, seperti gambar di bawah ini
    Link download Google Drive

Oh ya, ada satu lagi cara untuk melihat link file yang sudah kita unggaj di Google Drive, caranya nggak beda jauh. Cuman ini cara untuk yang tidak ada tombol share di nagian pojok kiri bawh. Silakan simak caranya di bawah ini


  • Pertama, kalian klik kanan terlebih dahulu pada file yang sudah kalian upload. Selajutnya pilih share
    Klik Kanan Pada File lalu Klik Share
  • Nahm sekarang kamu sudah dapat melihat link file milikmu
    Link download Google Drive


Setelah kamu sudah mengetahui cara uploadnya kemudian setting dijadikan publik. Maka selanjutnya kita tinggal ke tahap membuat direct link download Google Drive dari link file yang sudah kalian upload. Untuk caranya, saya menyediakan 2 cara yang sangat mudah silakan kalian pilih dibawah ini.

Cara Membuat Direct Link Download di Google Drive Dengan Mengubah URL

Untuk cara pertama kita dapat membuat direct link download dengan mengubah link download defaultnya menjadi link khusus untuk direct link download. Silakan kamu simak di bawah ini untuk mengubahnya menjadi direct link download

  • Lihat terlebih dahulu link milik anda, contoh punya saya https://drive.google.com/file/d/0B5lRkjjF6x_7ZDNBXzJzX011WTA/view?usp=sharing
  • Link yang berwarna hitam tebal adalah id file, yaitu 0B5lRkjjF6x_7ZDNBXzJzX011WTA
  • Untuk membuat direct link silakan ubah link menjadi https://docs.google.com/uc?export=download&id=Id File Anda
  • Contoh Url milik saya https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B5lRkjjF6x_7ZDNBXzJzX011WTA
  • Selesai

Dengan begini jika kita uji link di atas, maka kita akan langsung mengunduh file tersebut tanpa harus mengunjungi situs download google drive dulu.

Namun, jika kamu ingin cara yang lebih mudah ada lagi lho caranya. Ini jauh lebih mudah karena kita akan menggunakan link generator, jadi kita nggak usah mengubah link secara manual. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

    Cara Membuat Direct Link Download di Google Drive Dengan Generator

    Selain dengan cara dia atas yang mengubah link secara manual, ada juga cara yang lebih simple. Yap, kita dapat menggunakan Google Drive Direct Link Generator.

    Pihak Google Drive sendiri sudah menyediakan generator untuk para pengguna/uploader Google Drive yang ingin membuat direct link dari link file yang sudah mereka upload.

    Dengan Google Drive Link Generator ini, maka hasilnya akan sama dengan cara mengubah link file secara manual. Namun, bedanya yang melakukan pengubahan terhadap url adalah Google Drive link generator. Untuk Caranya silakan simak dibawah ini:

    • Silakan kunjungi situs untuk membuat direct link Google Drive yaitu Google Drive Direct Link Generator
    • Masukkan url file di kolom pertama lalu klik create direct link kemudian copy hasilnya
      Google Drive Direct Link Generator
    • Selesai, sekarang Direct Link download sudah jadi.

    Nah, dengan begini bagi kamu pemilik blog atau situs download dapat dengan mudah membuat direct link download menggunakan Google Drive Link Generator.

    Kesimpulan

    Jadi, bagi kamu pemilik blog ataupun situs yang menyediakan link download berbagai file dan menginginkannya dalam bentuk direct link download demi kenyamanan pengunjung maka kamu dapat menggunakan file hosting Google Drive.

    Selain karena fitur-fiturnya yang lengkap serta kamu akan mendapatkan free space cukup besar meski seorang pengguna free. Namun, juga karena Google Drive telah mendukung fitur direct link yang dapat kalian buat dengan mudah secara manual atau memakai Google Drive Direct Link Generator.
    (http://www.sepukom.com)

    Disclaimer :

    Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

    Author Profile

    Hanya seorang yang menyukai teknologi dan membagikan pengetahuannya tersebut di blognya

    Website:
    Social Media:

    Share this

    Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

    Share this with short URL: Get Short URLloading short url

    Subscribe To Get Article

    Related Posts

    Previous
    Next Post »
    Penulisan markup di komentar
    • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
    • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
    • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
    • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
    • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

    Perhatian !

    1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
    2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
    3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
    4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

    Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
    Blogger
    Disqus

    0 Response to "2 Cara Mudah Membuat Direct Link Download di Google Drive"

    Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar