Cara Cepat Membuat Media Instalasi Bootable USB Flashdisk

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara Cepat Membuat Media Instalasi Bootable USB Flashdisk - Setelah sebelumnya saya sudah share secara 3 kali berturut-turut mengenai cara membuat direct link download menggunakan 3 file hosting berbeda yaitu Google Drive, Dropbox dan Kumpulbagi.

Nah, Kali ini saya akan share sebuah tutorial dengan topik yang sangat berbeda yaitu cara cepat membuat Media instalasi bootable usb atau flashdisk. Yap, kali ini saya akan menjelaskan caranya burn file iso ke dalam usb/flashdisk.

Membuat instalasi bootable flashdisk, inilah yang biasanya dilakukan oleh para pengguna pc untuk menginstall ulang sistem operasi pada komputer mereka. Yap inilah salah satu langkah agar bisa menginstall ulang os melalui flashdisk. bukankah kamu juga begitu?

Cara Mudah Membuat Media Instalasi Bootable USB Flashdisk

Flashdisk Bootable Windows 8
Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk melakukan install ulang os (operating systems) menggunakan perangkat USB berupa flashdisk maupun menggunakan cd/dvd pasti tidak akan luput dari kegiatan burn file iso windows ke flashdisk.

Yap, karena memang jika kamu ingin menggunakan flashdisk untuk kegiatan menginstall ulang windows ataupun sistem operasi lainnya maka tentunya kamu wajib terlebih dahulu memasukkan file iso sistem operasi tersebut ke flashdisk atau di burn terlebih dahulu.

Karena, mungkin ada diantara kalian lebih memilih menggunakan usb flashdisk untuk melakukan install ulang OS dibandingkan menggunakan CD maupun DVD. Selain karena lebih cepat prosesnya, bisa juga karena ada diantara kalian yang memiliki Notebook tanpa dvd room.

Apakah hanya untuk install ulang saja? tidak tentunya, bisa saja ada diantara kamu yang ingin menjalankan sebuah software bersifat bootable sehingga perlu terlebih dahulu burn file iso tersebut ke dalam flashdisk.

Selain itu kamu juga bisa burn file iso lainnya untuk disimpan di flashdisk agar bisa dibawa kemana-mana contoh installer microsoft office. Intinya mungkin ada diantara kamu yang mau melakukan sebuah kegiatan mengharuskan burn file iso.

Nah, tahukah kamu cara membuat media instalasi bootable pada USB berupa flashdisk? Kalau belum tahu silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini. Oh ya trik ini juga bisa lho kamu gunakan untuk membuat media instalasi di CD/DVD.

Cara Membuat Media Instalasi Bootable USB Flashdisk Dengan Rufus

Logo rufus
Rufus
Software Pembuat Bootable USB
Download

Mungkin sudah ada diantara kamu yang mengenal namanya software handal bernama rufus ini. Yap, program ini merupakan sebuah software khusus untuk membuat bootable usb dari file iso semacam windows 7, 8, 8.1 ataupun 10.

Dari sekian banyaknya tutorial untuk membuat sebuah bootable flashdisk, saya lebih menyarankan menggunakan rufus. Bukan karena saya lagi promosi, tapi memang menurut saya diantara banyaknya software sejeninya, rufus ini merupakan yang terbaik.

Kenapa bisa begitu? Bisa dibilang karena penggunaannya sangat mudah dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Tampilannya pun sederhana dan tak terkesan ribet sehingga bagi kita yang ingin membuat media instalasi berupa bootable usb dapat melakukannya dengan mudah.

Dengan menggunakan rufus kamu dapat membuat sebuah media instalasi usb dengan mudah cukup arahkan ke lokasi file iso kemudian software ini akan mengidentifikasinya selanjutnya kalian tinggal klik start aja dan tunggu saja.

Selain itu menggunakan rufus ini dapat membuatmu lebih mudah mengatur file iso yang dijadikan bootable sekaligus mengatur flashdisknya.

Seperti setelah kamu memilih file isonya maka flashdisk dapat kita atur nama barunya atau ditentukan oleh rufus, selain itu kita dapat membuat medianya khusus untuk bios atau uefi dan untuk harddisk GPT maupun MBR lalu kamupun bisa memilih file system antara NTFS atau FAT.

Lalu, selain dapat membuat media untuk menginstall ulang windows kamu pun dapat membuatnya sebagai bootable untuk sistem operasi linux seperti ubuntu atau linux mint. Lalu dengan menggunakan rufus jarang sekali file yang diburn menjadi korup/rusak.

Dulu saya sering menggunakan software untuk membuat bootable usb selain rufus dan waktu itu saya mendapati file yang di burn menjadi korup. Nah, dari situlah saya mencari rekomendasi lainnya dan akhirnya banyak rekomendasi menggunakan rufus.

Alhamdulillah, sampai saat ini saya tidak mengalami lagi namanya file instalasi korup semenjak menggunakan rufus, jika kamu menggunakannnya dan ternyata korup bisa jadi itu masalahnnya terletak pada file iso yang dari awalnya korup/rusak.

Oke, saya rasa cukup sudah penjelasan mengenai rufus di atas. Sekarang bagi kamu yang ingin membuat media instalasi dengan rufus, maka terlebih dahulu harus memiliki softwarenya (bisa download dari link di atas), untuk langkah-langkahnya simak di bawah ini:

  • Silakan download terlebih dahulu software rufus, bisa melalui link unduh di atas
  • Kemudian tancapkanlah flashdisk ke port usb laptop atau komputermu
    Tancapkan Flashdisk Ke Port USB Laptop
  • Selanjutnya backup terlebih dahulu data-data pada flashdisk, karena ketika kita membuat bootable usb maka data didalamnya akan hilang semua
  • Lalu buka rufus, lalu klik tombol seperti CD disamping tulisan ISO image
    klik Tombol cd disamping tulisan iso image
  • Cari file iso yang akan diproses kedalam media installasi, Contoh: saya memilih Windows 8.1 Enterpise Update
    Cari Lokasi file iso windows 8.1 lalu klik open
  • Kemudian kamu bisa atur USB bootablenya sesuai dengan kebutuhan serta target systems
  • Seperti, silakan kamu atur partition scheme sesuai dengan target systems. Jika bios mu tergolong jenis UEFI, maka kamu pilih partition scheme for UEFI. Lalu jika partisi harddiskmu tergolong GPT maka pilih GPT Partition Scheme For UEFI. Hati-hati jangan salah pilih karena jika salah maka usb flashdisk tidak akan muncul di boot priority (Sekedar Info: biasanya bios berjenis UEFI adalah laptop keluaran terbaru dan biasanya juga partisi harddisknya bertipe GPT)
    Pilih Partition scheme sesuai target systems
  • Selanjutnya kamu bisa pilih juga file systems pada flashdisk, untuk yang paling cepat prosesnya adalah NTFS. (sekedar info: NTFS memang lebih cepat dari FAT32, tapi banyak laptop keluaran lama tidak support dengan flashdisk dengan file systems NTFS. Namun FAT32 didukung oleh semua laptop sehingga cocok untuk semua keluaran laptop)
    Pilih file systems untuk flashdisk
  • Selanjutnya klik start untuk membuat media instalasi bootable usb flashdisk
    Selanjutnya klik Start untuk memulai
  • Nanti akan muncul notifikasi yang mengatakan "WARNING: ALL DATA ON DEVICE WILL BE DESTROYED. To continue with this operation, click OK. To quit click CANCEL.".  Itu adalah peringatan datamu akan dihapus untuk membuat media instalasi bootable , jadi pastikan data-data di flashdiskmu sudah di backup. Jika kamu sudah siap klik ok.
    Klik ok jika ada notifikasi
  • Selanjutnya maka biarkan rufus bekerja sesuai fungsinya. Software ini akan membuat bootable usb dari file iso yang dipilih, untuk lama prosesnya tergantung dari besar file iso.
    tunngu prosesnnya sampai selesai
  • Jika sudah selesai, maka akan ada tulisan ready yang menandakan bahwa media instalasi bootablenya siap digunakan
    Jika ada sudah ada tulisan ready maka sudah selesai
  • Selanjutnya untuk memastikan bahwa flashdisk benar-benar sudah menjadi bootable flashdisk maka periksalah perangkat usbnya. Jika sudah seperti gambar dibawah ini maka sudah benar dan sudah siap untuk digunakan menginstall ulang windows
    Periksa Bootable USB

Nah, itulah caranya membuat media instalasi bootable menggunakan software bernama rufus. Mudah bukan? ya, tentu saja karena itulah rufus menjadi rekomendasi banyak orang sebagai solusi untuk kamu yang ingin membuat bootable usb.

Dengan begini kamu sudah siap untuk melakukan install ulang dengan menyediakan media instalasi bootable berupa usb flashdisk sebagai tempat file sistem windows yang akan di install.

Kesimpulan

Dari sekian banyaknya membuat bootable usb untuk melakukan install ulang windows, saya dan banyak orang lainnya lebih menyarankan menggunakan software bernama rufus ini.

Karena penggunaannya sangat mudah bagi kamu yang masih awam dan fiturnya sangat lengkap untuk mengatur usb bootable sesuai dengan sistem operasi kita. Selain itu dengan software ini maka kamu akan terhindar dari kemungkinan file korup. Selamat mencoba ^_^
(http://www.sepukom.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Hanya seorang yang menyukai teknologi dan membagikan pengetahuannya tersebut di blognya

Website:
Social Media:

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "Cara Cepat Membuat Media Instalasi Bootable USB Flashdisk"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar