2 Cara Mudah Memunculkan Folder ProgramData Pada Local Disk C

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

2 Cara Mudah Memunculkan Folder ProgramData Pada Local Disk C - Setelah sebelumnya saya sudah share mengenai bagaimana caranya membuat media instalasi bootable usb berupa flashdisk untuk melakukan install ulang.

Maka kali ini saya akan share sebuah tutorial yang berbeda yaitu mengenai caranya memunculkan sebuah folder programdata yang terletak pada local disk C.

Mungkin ada diantara kalian yang ingin membuka folder programdata pada local disk c tapi tidak menemukannya karena terhindden/disembunyikan oleh sistem. Nah di postingan ini akan dijelaskan 2 cara untuk memunculkan folder C:\ProgramData.

2 Cara Ampuh Menampilkan Folder C:\ProgramData Pada Windows Yang di Hidden

Thumbnail Cara Memunculkan Folder ProgramData Yang di Hidden

Bagi kamu pengguna windows mungkin mengenal yang namanya folder programdata (mungkin juga ada pada sistem operasi lainnya, saya kurang tahu) atau ada juga diantara kamu yang tidak tahu sama sekali mengenai folder ini.

Memang tidak bisa dipungkiri dan saya juga tidak akan menyalahkan bila kamu tidak mengetahui mengenai folder ini. Kenapa? Karena windows sendiri pun tidak menampilkan folder ini alias menyembunyikannya dengan fitur hidden.

Why? Kenapa windows menghidden folder ini dari mata pengguna windows? Hal ini dilakukan oleh windows demi keamanan sistem operasi tersebut dari kerusakan akibat isi folder tersebut diedit atau dihapus oleh para pengguna awam.

Yap, folder ini merupakan sebuah folder terlarang untuk para pengguna windows awam. Karena biasannya para pengguna awam tidak tahu betul atau bahkan sama sekali tidak tahu fungsi folder ini sehingga takutnya malah dihapus atau diutak-atik nggak jelas.

Fungsi folder programdata ini sendiri sama seperti dengan namanya yaitu menyimpan data-data program yang terinstall pada sistem operasi windows . Jadi jika misal ada diantara kalian yang menghapus secara asal maka bisa menyebabkan error pada program terlebih lagi pada windows.

Oleh karena itulah windows menghidden/menyembunyikan folder ini dari daftar lisa folder pada local disk C demi menghindari terjadinya error akibat kesalahan pengguna yang menghapus isi pada folder tersebut.

Namun adakalanya kita harus membuka folder tersebut misal untuk mengedit isinya ataupun menghapus file yang ada didalamnya. Contohnya saja ketika kita sehabis uninstall sebuah program dan masih tersisa di programdata maka kita perlu menghapusnnya.

Untuk apapun itu, ada kalanya kamu harus membuka folder programdata dan kamu tidak tahu cara menemukannya karena folder tersebut telah dihidden. Nah disini saya akan jelaskan cara menemukan folder programdata menggunakan 2 cara yang terbukti ampuh. Silakan disimak di bawah ini

Cara Membuka Folder ProgramData di Local Disk C Yang di Hidden Melalui Address Bar

Nah, bagi kamu yang ingin menampilkan folder programdata sebenarnya sangat mudah lho. Kamu cuma perlu mengetikkan lokasi alamatnya di address bar untuk dapar membuka folder tersebut. Penasaran bagaimana caranya? Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama-tama Buka terlebih dahulu Windows Explorer bisa dengan tekan logo windows + E pada keyboard
  • Selanjutnya pada address bar kamu klik 2 kali sampai terselect dengan ditandai terblock warna biru seperti gambar di bawah ini
    Klik 2 kali pada address bar hinga terselect
  • Kemudian pada address bar yang sudah terselect itu ganti dengan tulisan "C:/ProgramData" tanpa tanda kutip seperti gambar di bawah ini Lalu klik enter pada keyboard
    Ketik C ProgramData Pada Address Bar Lalu Klik Enter
  • Selamat sekarang folder ProgramData sudah dapat diakses seperti pada gambar di atas

Nah, dengan begini kamu sudah bisa membuka folder programdata yang beralokasikan di C:/ProgramData. Namun, dengan cara ini kamu hanya bisa membuka folder ini bukan memunculkannya atau mengunhiddennya.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara memunculkan folder programdata yang dihidden atau disembunyikan saya masih ada satu cara lagi nih. Untuk caranya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Memunculkan Folder ProgramData di Local Disk C Yang di Hidden Dengan Unhidden 

Dengan cara sebelumnya sebenarnya kamu sudah dapat membuka folder programdata dan saya rasa itu saja sudah cukup untuk kamu yang ingin sekedar membukanya. Karena apabila sekedar akan menghapus atau mengedit paling cuma sesekali dibukanya.

Namun, jika kamu merasa bahwa folder tersebut harus muncul pada local disk c karena memang akan sering digunakan dan diedit maka saya punya cara untuk mengunhiddenya. Nah untuk caranya sangat mudah kita hanya perlu mematikan fitur hidden pada windows, silakan simak di bawah ini:

  • Pertama-tama kamu buka Windows Explorer bisa dengan cara tekan logo windows + E pada keyboard
  • Lalu kamu matikan fitur hidden pada windows, untuk caranya kamu bisa melihat menu yang terletak di atas windows explorer kemudian klik menu view lalu beri centang/ceklist pada Hidden Items (Cara ini untuk windows 8, 8.1 serta 10 untuk cara windows 7 dan XP bisa kamu sesuaikan) untuk lengkapnya lihat gambar di bawah ini
    Buka Menu View Lalu ceklist hidden items maka folder programdata akan muncul
  • Selesai sekarang folder C:\ProgramData sudah dapat diakses

Nah, dengan cara di atas kamu bukan hanya bisa membuka folder programdata. Namun, kamu juga sudah memunculkannya alias sudah mengunhiddennya sehingga bisa dibuka setiap waktu tanpa perlu lagi repot menulisakan alamatnya di address bar.

Kesimpulan

Jadi bagi kamu yang sekiranya ingin membuka folder programdata dapat menggunakan 2 cara yaitu dengan menuliskan alamatnya di address bar untuk sekedar membukanya ataupun menghilangkan fitur hidden pada windows untuk membuka dan memunculkannya.

Namun, tidak disarankan bagi kamu yang tidak mengerti atau masih awam melakukan kegiatan hapus-menghapus atau mengedit files di dalam folder tersebut . Karena dikhawatirkan akan terjadi error pada program atau bahkan windows. Hati-hati ya ^_^
(http://www.sepukom.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "2 Cara Mudah Memunculkan Folder ProgramData Pada Local Disk C"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar