2 Cara Ampuh Mengintegrasikan IDM (Internet Download Manager) Dengan Google Chrome

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

2 Cara Ampuh Mengintegrasikan IDM (Internet Download Manager) Dengan Google Chrome - Setelah sebelumnya saya share mengenai "cara menguninstall bluestacks app player sampai bersih ke akarnya dengan mudah".

Maka kali ini saya akan share mengenai sebuah cara lebih tepatnya lagi 2 cara yang saya miliki dan sudah terbukti ampuh untuk mengintegrasikan downloader IDM (Internet Download Manager) dengan browser Google Chrome.

Nah, bagi kamu yang memang memiliki masalah dengan integrasi antara Internet Download manager (IDM) dengan Google Chrome maka kamu dapat menggunakan 2 cara yang saya coba sewaktu idm saya tidak terintegrasi dengan Google Chrome.

Cover Thumbnail 2 Cara Ampuh Mengintegrasikan IDM (Internet Download Manager) Dengan Google Chrome

2 Cara Jitu Mengintegrasikan IDM (Internet Dwnload Manager) Dengan Browser Google Chrome

Nah, bagi kalian yang menggunakan downloader Internet Download Manager (IDM) di Personal computer (PC). Namun, rupanya IDM tersebut tidak terintegrasi dengan browser Google Chrome yang ada di PCmu.

Download downloader Terpopuler Internet Download Manager (IDM)

Yap, ini merupakan kasus paling umum dan paling dirasakan oleh para pengguna IDM. Kenapa bisa begitu? Entahlah, karena seharusnya pada saat diinstall maka IDM sudah langsung terintegrasi dengan browser Google Chrome.

Download Browser Terpopuler Google Chrome
Google Chrome Logo
Google Chrome
Browser Terbaik Untuk Browsing
Download

Namun, memang pada beberapa kasus pengguna IDM ini, saat setelah diinstall rupanya internet download manager tidak terintegrasi dengan google chrome sebagaimana mestinya dan banyak pengguna dibuatnya bingung.

Ada juga beberapa kasus lainnya yang dialami oleh para pengguna IDM, yaitu awalnya internet download manager mereka sudah terintegrasi dengan google chrome. Namun, tiba-tiba IDM tidak terintegrasi dengan Google Chrome.

Oh ya, kalian tahu nggak tanda-tanda kalau IDM tidak terintegrasi? Secara umum tandanya adalah saat kita klik link download di browser google chrome kita bukannya mendownload menggunakan IDM seperti gambar di bawah ini

Idm mengambil alih tugas download

Tapi, kita malah mendownload melalui browser dan bukannya malalui IDM seperti seharusnya. Hal ini tentu saja menggangu, karena jika kita ingin download melalui Internet download manager kita harus melakukan secara manual dengan cara mengcopy url dan memasukkan IDM.

Apakah ini menggangu? ya, jelas saja, saya tanya apa tujuan kamu menginstall internet download manager di Komputermu? Untuk mengunduh menggunakan IDM bukan? Nah, bagaimana jika downloader tersebut tidak bisa menyelesaikan tugasnya sebagaimana mestinya?

Hal ini tentunya karena sebagaimana kita tahu bahwa IDM merupakan downloader yang digunakan banyak orang untuk mengunduh berbagai file di internet. Jika tidak bisa digunakan untuk download file dari browser secara otomatis, maka akan merepotkan.

Yap, salah satu penyebab dari IDM tidak bisa mengambil alih tugas browser untuk mengunduh file di internet yaitu integrasi antara Internet download manager dengan browser Google Chrome yang bermasalah alias tidak tersambung.

Nah, untuk itulah saya memiliki 2 buah cara yang sudah terbukti ampuh karena sudah saya coba sendiri untuk mengembalikan integrasi antara internet download manager (idm) dengan google chrome. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

#1. Cara Agar IDM Terintergrasi ke Google Chrome Dengan Memperbaiki Ekstension

Oke, untuk langkah awal dan cara pertama ini saya akan mengembalikan integrasi antara IDM dengan Google Chrome. Yap, saat saya terkena masalah IDM tidak terintegrasi ke Google Chrome yang saya lakukan pertama kali adalah memerikas ekstensi terlebih dahulu.

Buat kamu yang nggak tahu atau nggak mau tahu, internet download manager dapat terhubung alias terintegrasi ke Google Chrome melalui sebuah ekstensi atau di Mozilla Firefox dikenal sebagai add-ons.

Oleh karena itu ketika IDM tidak terintegrasi dengan Google Chrome yang saya pertama kali pikirkan adalah mungkin terjadi masalah pada ekstensi IDM di Google Chrome yang menyebabkan keduanya tidak terintegrasi.

Untuk itu kita bisa memperbaiki integrasi antara IDM dengan Google Chrome dengan cara membenarkan ekstensi IDM di Google Chrome. Namun, sebelum itu kamu harus memastikan bahwa IDM sudah memasukkan Google Chrome kedalam daftar browser silakan lihat caranya

  • Pertama silakan kamu buka program Internet Download Managernya (IDM) terlebih dahulu
  • Selanjutnya Klik Options lalu pilih tab general, periksa apakah Google Chrome Tersedia atau tidak (Jika tersedia kamu bisa lewatkan tutorial menambahkan Google Chrome ke dalam daftar browser untuk diambil alih tugas downloadnya oleh IDM)
    Buka IDM Lalu Buka Options
  • Kemudian kamu periksa daftar browser yang ada di bawah tulisan "capture downloads from the following browsers". Nah, jika terdapat Google Chrome dalam daftar tersebut maka kamu bisa melewati langkah selanjutnya dan langsung lanjut ke langkah memperbaiki ekstensi IDM, jika tidak ada maka kamu perlu menambahkannya secara manual. Untuk caranya silakan lihat di bawah ini
  • Untuk menambahkan Google Chrome ke dalam daftar di atas maka kamu bisa mulai dengan klik add new browser lalu carilah lokasi dimana File Google Chrome terinstall, Nggak tahu lokasi Google Chrome? Saya kasih tahu letak umumnya file Chrome terinstall
Untuk Windows 64bit biasanya Google Chrome terletak di 
C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application

Untuk Windows 32bit biasanya Google Chrome terletak di
C:\Program Files\Google\Chrome\Application
  • Untuk Lengkapnya menambahkan Google Chrome ke dalam daftar IDM, kamu bisa lihat gambar langkah-langkahnya di bawah ini
    Cara Lokasi Google Chrome Lalu PIlih dan Klik OK
  • Selesai sudah, dengan begini Google Chrome sudah berhasil di tambahkan ke dalam daftar browser yang akan di ambil alih tugas downloadnya oleh IDM

Nah, setelah kita memastikan bahwa Google Chrome sudah bernar-benar masuk ke dalam daftar di atas, maka selanjutnya adalah kita perbaiki ekstension IDM yang ada di Google Chrome. Yap, kita akan memperbaiki ekstensi IDM dengan menambahkannya kembali.

Bagaimana cara memperbaikinya? Biasanya alasan tidak terintegrasi Internet Download manager dengan Google Chrome yaitu karena ekstensi IDM yang berada di Google Chrome hilang atau tidak ada sama sekali, mungkin saja terhapus.

Seharusnya saat baru diinstall ekstensi IDM sudah otomatis terpasang di Google Chrome sehingga kedua software tersebut dapat terhubung dan terintegrasi. Namun, dalam beberapa kasus ekstensi ini malah hilang atau tidak ada.

Bahkan ada beberapa kasus yang awalnya ekstensi idm ada tapi tiba-tiba menghilang entah kemana baik itu bukan kesalahan pengguna ataupun kesalahan pengguna yang menghapusnya secara tidak sengaja ataupun mungkin disengaja.

Tapi, tenang saja karena kita dapat dengan mudah menambahkan kembali ekstensi IDM ke Google Chrome. Yap, kita dapat dengan mudah memperbaiki ekstensi IDM yang hilang, silakan kamu simak langkah-langkah lengkapnya di bawah ini:

  • Pertama-tama silakan kamu buka terlebih dahulu browser google chrome 
  • kemudian di Google Chrome silakan buka settings atau dalam bahasa Indonesianya pengaturan
  • Selanjutnya pada bagian menu di sebelah kanan silakan kamu pilih extensions yang berada di bawah menu history atau dalam bahasa Indonesianya riwayat
  • Setelah itu Google Chrome jangan ditutup, cukup kamu kecilkan saja ukurannya sampai setengah layar PC (Personal Computer) milikmu 
  • Lalu untuk selanjutnya silakan kamu buka folder tempat file installan IDM berada. Untuk letaknya sendiri saya hanya bisa memberikan gambaran, karena untuk windows 32bit dan 64bit berbeda tempatnya
Untuk windows 32 bit biasanya File instalan Internet Download Manager Terletak di
C:\Program Files\Internet Download Manager 

Biasanya Untuk windows 64 bit biasanya File instalan Internet Download Manager Terletak di
C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager 
  • Selanjutnya pada folder tempat instalan IDM silakan kamu cari file bernama IDMGCExt.crx
  • Lalu silakan kamu perkecil windows explorernya menjadi setengah layar dan berdampingan dengan tab Google Chrome 
  • Kemudian silakan kamu drag file IDMGCExt.crx dari folder instalan IDM di windows explorer ke tab extensions Google Chrome yang berada disebelahnya, untuk caranya kamu tekan file IDMGCExt.crx dengan tombol mouse sebelah kiri lalu tahan kemudian pindahkan kursor mouse dengan menggeser mouse kemudian arahkan ke tab extension lalu lepas tekanan pada tombol sebelah kiri
  • Dengan begini maka extensions Internet Download Manager sudah ditambahkan ke dalam daftar tab extension Google Chrome
  • Selanjutnya kita atur ekstensi IDM agar dapat terintegrasi ke Google Chrome dengan cara klik untuk menceklist polling enable lalu klik untuk menceklist  allow in inconigto dan lalu klik untuk menceklist allow access Url file
  • Bingung? Tenang saja, bagi kamu yang bingung saya sudah menyediakan gambarnya untuk menjelaskan langkah-langkah di atas, silakan lihat gambarnya di bawah ini
    Langkah menambahkan extensions IDM Untuk integrasi dengan Google Chrome
  • Selesai sudah, dengan begini Internet Download Manager sudah terintegrasi dengan Google Chrome

Oke, dengan begini Internet download manager sudah bisa terintegrasi dengan Google Chrome. Sehingga keduanya sudah terhubung dan IDM pun sudah dapat mengambil alih tugas download dari browser tersebut.

Namun, bagi kamu yang belum mengalami perubahan maka kamu dapat mencoba dengan merestart atau reboot Komputer ataupun Laptop milikmu. Setelah itu silakan coba kembali, untuk menguji IDM sudah terintegrasi dengan Google Chrome.

Bagaimana bila IDM tidak terintegrasi juga dengan Google Chrome meski sudah pakai cara di atas? Nah, untuk itu saya punya solusi lainnya yaitu kamu bisa dengan uninstall IDM kemudian install lagi. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

#2. Solusi Terakhir Uninstall IDM Kemudian Install Kembali Lalu Integrasikan Dengan Google Chrome

Sebenarnya dengan cara di atas sudah sangat cukup dan sudah teramat ampuh untuk mengintegrasikan kembali Internet Download Manager ke Google Chrome. Namun, ada beberapa kasus dimana cara di atas tidak bekerja.

Yap, saya punya teman dengan permasalahan IDM tidak terintegrasi dengan Google Chrome. Kemudian saya menggunakan cara di atas yaitu dengan memperbaiki ekstensinya. Akan tetapi ternyata tidak ngefek sama sekali.

Nah, disanalah saya mulai bingung. Karena hanya dengan menggunakan cara di atas saya sudah bisa memperbaiki masalah IDM yang tidak terintegrasi dengan Chrome di komputer saya. Disanalah saya mulai kebingungan.

Oke, akhirnya saya pun mengambil keputusan yang cukup sederhana dan cukup simple yaitu dengan menguninstall IDM kemudian menginstallnya kembali. Bisa dibilang inilah solusi terakhirnya agar lebih mudah untuk diintegrasikan kembali.

Nah, untuk pertama kita harus menguninstall Internet Download Manager terlebih dahulu. Oh ya, ada baiknya kamu menguninstallnya secara bersih sampai ke akarnya. Gimana caranya? silakan kamu simalk langkah-langkah uninstallnya di bawah ini:

Cara Mudah Uninstall Internet Download Manager (IDM) Sampai Bersih ke Akarnya

Oke pertama kita harus menguninstall sang IDM terlebih dahulu. Kenapa harus saya jelaskan caranya? Ini saya jelaskan caranya karena takutnya ada diantara kamu tidak tahu caranya untuk uninstall IDM secara bersih.

Oke, untuk tutorial cara menguninstall IDM ini secara bersih kita tidak akan menggunakan cara biasa yang menggunakan fitur bawaan windows. Karena disini kita akan menggunakan bantuan dari pihak ketiga yaitu Revo Uninstaller.

Logo Revo Uninstaller
Revo Uninstaller Professional
Software Uninstaller Terbaik
Download

Lho, kenapa kita menggunakan bantuan pihak ketiga seperti revo uninstaller? Kenapa tidak menggunakan fitur uninstall program bawaan windows? Oke, secara singkat jawabannya karena dengan menggunakan revo uninstaller prosesnya akan lebih maksimal.

Yap, memang tidak bisa dipungkiri bahwa dengan menggunakan fitur uninstall bawaan windows itu tidak efektif dalam menghapus program yang terinstall pada windows tersebut. Mungkin sudah ada diantara kamu yang mengetahui hal tersebut.

Hal ini disebabkan karena dengan menguninstall program menggunakan fitur uninstall dari windows, fitur tersebut tidak dapat menghapus penenuhnya file-file instalan dari program yang di uninstall begitupunn dengan registry keynya.

Nah, tentunya hal ini akan menyebabkan tersisanya junk file atau dalam bahasa Indonesianya yaitu file sampah yang menumpuk dan begitu pula dengan tersisanya registry key program yang tersisa dan akibatnya pula menumpuk.

Oleh karena itulah banyak berbagai developer software yang mengembangkan program uninstaller dan salah satu yang populer saat ini adalah Revo Uninstaller. Jika kamu kurang suka dengan revo, kamu pun dapat menggunakan uninstaller lainya.

Dalam postingan sebelumnya, kita sudah menggunakan revo uninstaller untuk menguninstall bluestacks secara bersih sampai ke akarnya dengan tidak menyisakan junk file dan registry key. Ini terbukti dengan tidak terjadinya error ketika kita melakukan install bluesatcks kembali.


Nah, kali ini kita juga akan menggunakan revo uninstaller untuk menghapus program Internet Download Manager secara bersih dengan tidak meninggalkan junk file (file sampah). Oke untuk caranya silakan kamu simak di bawah ini:

  • Pertama-tama komputer ataupun laptop kamu harus sudah terinstall Revo uninstaller terlebih dahulu. Jika belum punya kamu bisa download melalui link download di atas atau bisa mencarinya di blog ini kemudian kamu install di komputermu.
  • Lalu pastikan kamu sudah menutup IDM alias sedang tidak menggunakannya. Untuk cara menutupnya silakan kamu buka system tray kemudian klik kanan pada icon IDM lalu klik exit (jika tidak ada icon IDM berarti Internet Download manager sedang tidak berjalan dan kamu bisa melewati langkah ini)
    Keluarkan IDM terlebih dahulu
  • Selanjutnya silakan kamu buka terlebih dahulu program revo uninstallernya terlebih dahulu
  • Kemudian silakan kamu cari icon program IDM, jika merasa sulit maka kamu dapat mencarinya di kolom search dengan mengetikkan kata kunci "internet downlod manager" kemudian kamu klik satu kali menggunakan tombol mouse sebelah kiri icon IDMnya lalu klik tombol uninstall di bagian atas (lihat gambar di bawah ini untuk lengkapnya) 
    Cari program IDM kemudian klik tombol uninstall
  • Maka nantinya revo uninstaller akan segera menyiapkan proses uninstallnya dengan membuat backup registry dan membuat  system restore point (biasanya tidak akan membutuhkan waktu yang lama
    Tunggu Revo Uninstaller membackup registry dan membuat restore point
  • Setelah selesai membuat full registry backup maka selanjutnya akan muncul uninstall IDM. Nah, kamu pilih yang full dengan cara mengklik buletannya lalu silakan kamu klik lanjut
    Pilih full Lalu Klik Lanjut
  • Selanjutnya kamu klik tombol selesai untuk melakukan proses uninstallnya
    klik tombol selesai untuk melakukan pencopotan
  • Setelah itu biasanya akan ada pesan untuk mereboot/restart komputer maupun laptop. Karena kita akan menggunakan revo uninstaller maka kita klik tombol cancel
    Jika ada pesan reboot klik cancel
  • Sampai sini kamu sudah berhasil menguninstall IDM, namun untuk menghapusnya secara penuh dengan menghapus file sampahnya dan registry tak terpakainya maka kita dapat memanfaatkan revo uninstaller secara penuh. Untuk caranya lihat di bawah ini:
  • Silakan kamu buka kembali revo uninstallernya. Jika tombol continue sudah bisa di klik maka kliklah tombol continue
    KLik Continue untuk melanjutkan
  • Selanjutnya maka kamu akan dapat melihat sisa-sisa file registry yang dapat kamu hapus. silakan kamu klik tombol select all lalu kemudian kamu klik tombol delete
    klik select all kemudian klik delete lalu klik tombol next
  • Nah, biasanya nanti akan muncul notifikasi yang meminta persetujuan kamu untuk menghapus sisa-sisa registry tersebut dengan bunyi "are you sure that you want to delete the selected item". Tentunya silakan kamu klik yes untuk menghapus sisa-sisa registry tersebut
    klik yes untuk mendelete file
  • Selanjutnya nanti kamu akan dihadapkan dengan daftar sisa file-file sampah yang disebut dengan junk file. Seperti tadi, silakan kamu klik select all kemudian kamu klik juga delete untuk menghapus junk file tersebut
    Klik select All lalu klik tombol delete
  • Maka kemudian akan muncul juga notifikasi yang meminta persetujuan kamu untuk menghapus file-file tersebut dengan bunyi "are you sure that you want to delete the selected item". Silakan kamu klik yes untuk menghapus semua junk file tersebut
    klik yes untuk menghapus file tersisa
  • Lalu silakan kamu tunggu proses penghapusan file-file sampahnya. Untuk lamanya tergantung jumlah dari file sampah dan tergantung juga dari spesifikasi Komputer maupaun Laptop kamu.
    Tunggu proses penghapusan junk file
  • Nah, berikutnya biasanya setelah file-file sampah tersebut terhapus maka akan ada notifikasi yang menyuruh kamu untuk merestart PC (personal Computer) milikmu dengan bunyi "selected, but remaining files will be deleted during the next system restart". Silakan kamu klik ok dan restart komputermu
    Klik ok jika ada notifikasi restart
  • Terakhir biasanya setelah mengklik notifikasi di atas, komputer tidak segera merestart sendiri. Oleh karena itu kita harus merestartnya secara manual. Untuk caranya silakan kamu klik logo windows (sering disebut start menu) di samping kiri bawah, lalu klik power kemudian pilih restart maka komputermu akan segera mereboot
    buka start menu kemudian pilih restart

Sampai disini kamu sudah berhasil menguninstall Internet Download Manager secara penuh tanpa menyisakan file-file sampah/junk file maupun registry key yang tidak terpakai yang akan menghabiskan free space harddisk.

Dengan begini maka kamu tinggal melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu menginstall kembali Internet Download Manager kemudian mengintegrasikannya kembali agar dapat terhubung ke Google Chrome. Untuk caranya lihat di bawah ini

Cara Menginstall dan Mengintegrasikan Kembali Internet Download Manager (IDM) Ke Google Chrome

Oke, setelah kamu berhasil melakukan langkah-langkah di atas dan berhasil menguninstall Internet Download Manager (IDM) secara bersih sampai ke akarnya. Maka selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menginstallnya kembali untuk mengintegrasikannya.

Yap, karena tujuan dari menguninstall IDM kemudian menginstallnya kembali adalah sebagai solusi akhir untuk mengintegrasikan antara IDM dengan Google Chrome. Hal ini karena tidak semua orang berhasil dengan menggunakan cara pertama.

Nah, untuk itulah kita melakukan tahap ini. Karena, ketika Internet Download Manager Di install kembali maka akan sangat mudah untuk mengintegrasikannya dan dari pengalaman saya tidak pernah gagal. Untuk caranya silakan lihat di bawah ini:

  • Pertama-tama kita harus memiliki software Internet Download Manager terlebih dahulu untuk kita install. Buat kamu yang belum punya bisa download di blog sepukom ini atau kamu bisa download di situs aslinya yaitu www.internetdownloadmanager.com
  • Setelah kamu mengunduh file Installer IDM, maka selajutnya kamu menginstallnya dengan cara klik dua kali pada file installer tersebut (kamu pasti tahu cara menginstallnya)
  • Selanjutnya akan muncul installer IDM, nah kamu klik saja tombol lanjut untuk melakukan pemasangan Internet Download Manager Di PC kamu.
    klik tombol lanjut untuk pemasangan IDM
  • Nah, kemudian kalian akan diberikan sambutan selamat datang. Tinggal klik saja tombol lanjut lagi untuk melanjutkannya
    Klik tombol lanjut
  • Berikutnya kamu akan dihadapkan ke daftar license Internet Download manager. Kalau kamu niat dan mau membacanya silakan saja, namun kalau kamu nggak niat dan malas untuk membacanya tinggal kamu klik tombol lanjut lagi
    klik tulisan lanjut
  • Kemudian kamu akan dihadapkan ke pengaturan penginstallannya seperti tempat file installan IDM akan berada dan apakah kamu mau membuat shorcut IDM yang akan tampil di Dekstop. Nah kamu bisa saja langsung dengan mengklik tombol lanjut untuk segera melakukan pemasangan. Silakan kamu tunggu saka prosesnya, karena tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama
    klik lanjut untuk menginstall
  • Maka berikutnya setelah proses menginstall selesai kamu tinggal mengklik tombol selesai dan Internet Download Manager sudah terpasang di PC kamu.
    klik tombol selesai
  • Lalu maka kalian akan diberikan pilihan untuk bahasa yang akan digunakan nantinya untuk Internet Download Manager. Jika kamu memilih bahasa Indonesia biasanya IDM akan mendownload paket bahasanya
    Pilih bahasa kemudian klik ok
  • Oke, selanjutnya maka kita tinggal mengintegrasikan Internet Download Manager ke Google Chrome. Untuk langkah-langkahnya silakan ikuti di bawah ini
  • Silakan kamu buka terlebih dahulu browser Google Chrome. Biasanya kamu akan dapat melihat notifikasi yang menyatakan bahwa ada ekstensi baru bernama IDM dan meminta persetujuan kamu untuk menambahkannya atau tidak. Karena kita ingin mengintegrasikannya maka tentunya kita harus memilih enable exstension
    Klik enable extension untuk mengaktifkan IDM
  • Selanjutny kamu klik simbol dengan garis berjumlah 3 di pojok kanan atas lalu klik setting kemudian pilih tab extensions terakhir aturlah extension IDM dengan mengklik enable dan allow in inconigto dan allow access to URL (lengkapnya bisa lihat gambar di bawah ini)
    Buka menu setting lalu pilih tab extensions lalu pada ekstensi IDM klik enable

Selesai, dengan begini maka untuk solusi terakhit sudah terlaksanakan dan Internet Download manager pun sudah terintegrasi dengan Google Chrome. Maka kamupun sudah bisa mengunduh menggunakan IDM secara otomatis.

Oh ya, bagi kalian yang belum tahu apa saja yang diakibatkan bila Internet Download Manager tidak terintegrasi dengan Google Chrome. Maka kamu bisa mengetahuinya dalam ulasan di bawah ini untuk mengetahui akibatnya.

Akibat IDM Tidak Terintegrasi Dengan Google Chrome

Setelah kamu tahu caranya mengintegrasikan idm dengan google chrome, maka kamu pun tentunya harus tahu dulu akibat apa saja yang ditimbulkan bila internet download manager tidak terintegrasi dengan browser chrome.

Tentunya ada alasan kenapa idm atau internet download manager harus bisa terintegrasi dengan Google Chrome. Kalau tidak, nggak mungkin saya memberi cara supaya IDM dapat terintegrasi dengan browser Google Chrome.

Yap, hal itu tentunya karena akan terjadi suatu akibat bila IDM tidak terintegrasi ke Google Chrome. Makanya saya memberikan 2 cara mudah untuk mengintegrasikannya kembali. Lalu apa sajakah akibatnya? setahu saya ada 2 akibat yaitu sebagai berikut:

1. IDM Tidak Dapat Mengambil Alih Tugas Download File Secara Otomatis

Oke, untuk akibat yang pertama dan sangat fatal yaitu IDM jadi tidak bisa mengambil alih tugas download yang dilakukan oleh browser Google Chrome. Ini merupakan hal yang cukup fatal bila IDM  tidak dapat melakukannya. Lho kok bisa begitu?

Untuk itu kita kembali lagi ke fungsi IDM, seperti yang kamu tahu bahwa fungsi IDM sendiri merupakan sebagai sebuah downloader yang memungkinkan kamu mendownload baik file maupun video melalui IDM bukan melalui browser.

Nah, kita sendiri tahu bahwa untuk mengunduh file menggunakan IDM dapat menggunakan 2 cara yaitu melalui IDMnya langsung ataupun melalui browserkan. Maksudnya Gimana? Nih contohnya di bawah ini

Begini saat kita ingin mendownload file menggunakan internet download manager kita dapat menggunakan 2 cara dan cara pertama bisa kamu lihat di bawah ini:

Idm mengambil alih tugas download

Itu adalah cara pertama, ketika kita mengklik link download dari sebuah situs atau blog maka IDM otomatis akan mengambil alih tugas dari sang browser dan mengunduhnya secara otomatis. Sedangkan cara kedua seperti di bawah ini

Download IDM dengan mengcopy link address

Nah itu adalah 2 cara yang bisa kamu lakukan supaya dapat mendownload dengan IDM. Apakah Kamu tahu perbedaanya? kalau belum tahu nih saya kasih tahu 2 perbedaan antara cara mengunduh yang di atas dengan di bawah:

  • Pada cara pertama Internet Download Manager akan mengunduh file secara otomatis sehingga yang perlu kita lakukan hanyalah tinggal mengklik link downloadnya saja. Sedangkan pada cara kedua kita harus melakukannya secara manual dengan cara menyalin link unduhannya dan memasukkannya ke IDM.
  • Pada cara pertama syarat agar IDM dapat mengambil alih tugas download tersebut maka antara Google Chrome dengan Internet Download Manager harus terintegrasi sedangkan pada cara kedua internet download manager dan Google Chrome tidak harus terintegrasi untuk melakukannya

Setelah kamu mengetahui 2 cara di atas, manakah yang sering kamu gunakan? Yap, yang ke satu lah karena lebih simple dan tentunya lebih mudah dilakukan. Namun, cara tersebut tidak dapat dilakukan bila Internet Download Manager sudah terintegrasi dengan Google Chrome.

Nah, sekarang kamu tahu kan akibat pertama dari tidak terintegrasinya Google Chrome dengan Internet Download Mangaer. Yap, akibatnya IDM jadi tidak bisa mengambil alih tugas download file dari browser. Lalu apa akibat keduanya? silakan lihat ulasannya di bawah ini.

2.  Button Download Video Youtube Tidak Muncul

Nah, selain dari Internet Download Manager tidak dapat mengunduh secara otomatis dan mengambil alih tugas download dari Google Chrome. Dengan tidak terintegrasinya IDM dengan Google Chrome dapat membuat Button download untuk mengunduh video youtube ikut menghilang juga.

Yap, memang tidak bisa dipungkiri kalau salah satu alasan banyak orang memakai IDM adalah karena program ini dapat mengunduh video dari youtube ataupun situs penyedia video lainnya. Sebagaimana saya jelaskan dalam salah satu artikel saya dengan topik cara download video youtube.


Nah, bila Internet Download Manager milikmu tidak terintegrasi ke Google Chrome maka sudah barang tentu IDM pun tidak dapat memunculkan button download untuk mengunduh video tersebut. Oh ya, bila kamu tidak tahu yang seperti apa button downloadnya silakan lihat gambar di bawah ini:

Tampilan button download IDM

Coba kamu lihat di pojok kanan atas, nah itulah button download yang sedang kita bicarakan. Untuk memunculkan button terebut maka sudah sepantasnya kita harus mengintegrasikan Internet Download Manager Ke Google Chrome.

Nah, dengan begini maka kalian sudah tahu bahwa akibat kedua dari tidak terintegrasinya IDM dengan Google Chrome yaitu kita jadi tidak bisa mengunduh video dari youtube menggunakan IDM disebabkan button downloadnya tidak muncul.

Kesimpulan

Jadi, bagi kalian yang mengalami permasalahan antara IDM dengan Google Chrome dan permasalahannya adalah dengan tidak bisanya IDM mengambil alih tugas download file dari browser ataupun tidak munculnya button download untuk mengunduh video youtube.

Maka bisa jadi permasalahanya adalah tidak terhubungnya atau terintegrasinya Internet Download Manager ke Google Chrome. Nah, untuk mengatasinya kalian dapat menggunakan 2 cara yaitu dengan memperbaiki extensionnya ataupun menginstallnya kembali.
(http://www.sepukom.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "2 Cara Ampuh Mengintegrasikan IDM (Internet Download Manager) Dengan Google Chrome"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar