Cara Mudah Menambah Ukuran Virtual Memory Dengan Flashdisk Untuk Membantu Kinerja RAM

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara Mudah Menambah Ukuran Virtual Memory Dengan Flashdisk Untuk Membantu Kinerja RAM - RAM merupakan sebuah tempat penyimpanan sementara dimana saat program diproses maka RAM ini akan menampungnya sebelum Processor akan membacanya dan memproses perintah yang ada.

Dengan semakin bersarnya ukuran RAM, maka semakin banyak pula data program yang dapat ditampung untuk sementara sampai Processor memprosesnya. Lalu bagaimanakan bila ternyata ukuran RAM komputer atau laptop kita kecil?

Jika begitu maka disinilah peranan virtual memory untuk membantunya sebagai cadangan memory. Secara default virtual memory sudah dibuat dari harddisk, namun bila kamu ingin maka kita dapat menambahkannya dengan Flashdisk lho! Silakan kamu simak di bawah ini.

Cara Memperbesar Size/Ukuran Virtual Memory Dengan Flahsdisk Agar Membantu RAM

Cover Cara Menambah Virtual Memory Untuk Membantu RAM

Meski pada dasarnya virtual memory sudah ada secara default dengan menggunakan sebagian ruang kosong dari harddisk, namun tidak ada salahnya bila kita mencoba menambahkannya.

Bila kita ingin menambahkan virtual memory kita bisa menggunakan banyak cara salah satunya adalah dengan menggunakan ruang kosong pada harddisk itu sendiri. (untuk tutorialnya bisa lihat melalui link di bawah)


Namun, disini kita akan mencoba menambahkannya menggunakan Flashdisk. Yap flashdisk, benda kecil yang bisa menyimpan data dan bisa kamu bawa kemana-mana.

Sebenarnya akan lebih efisien jika kamu menambahkannya menggunakan ruang kosong yang berasal dari harddisk. Karena jika kamu menggunakan flashdisk maka kamu harus mencabut dan mencoloknya kembali.

Akan tetapi trik ini sangat cocok untuk kamu yang ruang kosong atau free space pada harddisk PCmu sudah tinggal sedikit. Maka kamu bisa memperbesar virtual memory ini menggunakan flashdisk.

#1. Cara Menambahkan Size Virtual Memory Dengan Menggunakan Fitur Readyboost dari Windows

Bagi kamu yang menggunakan windows maka kamu dapat dengan mudah menambahkan virtual memory menggunakan fitur readyboost ini.

Fitur ini befungsi untuk menjadikan tempat penyimpanan seperti flashdisk yang tercolok di PC milik kita sebagai sebuah tambahan virtual memory.

Tambahan tersebut berasal dari free space dari flashdisk yang tercolok tersebut. Nah, untuk menggunakan fitur readyboost ini bisa kamu lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Colokkan terlebih dahulu flahsdisknya ke port USB PC kamu (saya rasa kamu sudah bisa melakukannya, namun tidak ada salahnya bila saya tambahkan gambar)
    Tancapkan Flashdisk Ke Port USB Laptop
  • Berikutnya yang perlu kita lakukan adalah Klik kanan pada device USB milikmu, lalu klik properties
    Klik Kanan Device USB Lalu Pilih Properties
  • Selanjutnya kamu pilih tab Readyboost, lalu pilih use this device, atur size yang akan digunakan untuk tambahan RAM selanjutnya klik ok
    Pilih Tab ReadyBoost lalu Pilih Use This Device kemudian Atur Sizenya Terakhir Klik OK
  • Silakan tunggu prosesnya sampai selesai, biasanya tidak akan memakan waktu yang terlalu lama
    Tunggu Prosesnnya
  • Setelah selesai, enjoyy sekarang virtual memory telah berhasil diperbesar sizenya menggunakan flashdiks yang tercolok di PC kita

Nah, biasanya trik di ataslah yang paling sering digunakan untuk menambahkan ukuran virtual memory menggunakan flashdisk untuk membantu RAM.

Dan saya cara di atas sudah cukup efektif serta mudah bagi kamu yang ingin memperbesar size dari virtual memory.

Perhatian!

1. Maksimal Size Yang Ditambahkan Adalah 4GB

USB Drive Flashdisk 4GB

Maksud dari maksimal size 4 GB adalah batas dari size yang ditambahkan adalah sebanyak 4 GB. Yap tak peduli kamu mau pakai flashdisk sebesar 16 GB, 32 GB, 64 GB maupun 128 GB batas maksimal size yang digunakan untuk RAM tambahan adalah 4 GB. 

Yap nggak bisa lebih, tapi kamu bias mengakalinya dengan menggunakan lebih dari satu flashdisk, dengan begitu tambahan RAMnya bisa lebih dari 4 GB. Untuk caranya lakukan langkah di atas pada flahdisk yang lainnya yang dicolokkan ke PC kamu.

Ternyata ada beberapa Flashdisk yang mampu menambahkan size virtual memory lebih dari 4GB. Hal ini dialami oleh salah seorang yang bertanya kepada saya. Namun, meski begitu dari 3 flashdisk yang saya uji dengan 2 diantaranya berukuran 8GB dan 1 berukuran 16GB, 3 flashdisk tersebut hanya bisa menambahkan maksimal 4GB. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada juga flashdisk yang bisa menambahkan Virtual memory lebih dari 4 GB.


2. Tidak Semua Flashdisk Support ReadyBoost

Flashdisk Yang Tidak Suppoet ReadyBoost

Yap nggak semua Flashdisk yang support dengan fitur Readyboost ini. Jadi jangan heran bila menemukan kasus seperti gambar di atas. Memang tidak sembarang flashdisk yang bisa digunakan untuk Readyboost ini. 

Karena ada juga flashdisk yang kalau digunakan untuk dijadikan tambahan virtual memory akan rusak karena saking nggak kuatnya. 

Jadinya seperti kasus di atas dikatakan tidak support karena takutnya akan terjadi kerusakan dan pengaruhnya yang tidak akan mempercepat sistem.

3. Menambah Virtual Memory Untuk Membantu RAM Tidak Sama Dengan Menambah RAM Dengan RAM

Flashdisk Tidak Sama Dengan RAM

Lho maksudnya apa Menambah Virtual Memory Untuk Membantu RAM Tidak Sama Dengan Menambah RAM Dengan RAM? 

Ya, maksudnya Flashdisk itu berbeda dengan RAM. Jadi jangan heran jika kamu menggunakan Flashdisk untuk memperbesar virtual memory yang akan membantu RAMhasilnya tidak akan luar biasa. 

Yap penggunaan flashdiks sebagai penambahan virtual memory ini tidak akan berpengaruh besar terhadap kecepatan sistem. 

Lain halnya jika kamu menggunakan RAM sungguhan untuk ditambahkan, pasti peformanya akan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan flashdisk.

Kesimpulan

Jadi cara ini merupakan solusi untuk kamu yang membutuhkan RAM dengan kapasitas lebih namun tidak memiliki modal untuk membeli RAM yang baru untuk dipasangkan.

Sehingga jika kamu memiliki modal yang lebih beli saja RAM baru dan pasangkan di PC agar perubahannya lebih terasa dibandingkan menggunakan flashdisk sebagai RAM Eksternal
(http://www.sepukom.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Hanya seorang yang menyukai teknologi dan membagikan pengetahuannya tersebut di blognya

Website:
Social Media:

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "Cara Mudah Menambah Ukuran Virtual Memory Dengan Flashdisk Untuk Membantu Kinerja RAM"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar