Cara Mudah Menambah Size Virtual Memory Dengan Harddisk Untuk Membantu Kinerja RAM

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara Mudah Menambah Size Virtual Memory Dengan Harddisk Untuk Membantu Kinerja RAM - Di postingan kali ini seperti biasanya blog ini akan menghadirkan tutorial mengenai Personal Computer (PC). Nah untuk postingan kali ini saya akan menghadirkan tutorial cara mudah untuk menambah virtual memory menggunakan harddisk.

Mungkin ada diantara kamu yang ingin memperbesar ukuran dari virtual memory pada windows di laptop maupun komputer milikmu. Meskipun pada dasarnya virtual memory ini telah di atur secara otomatis besarnya oleh windows sendiri.

Namun, jika dirasa bahwa ukuran dari virtual memory yang ada ternyata masih kurang untuk membantu kinerja RAM. Maka kamupun dapat menambah ukurannya sendiri dengan cara-cara di bawah ini, silakan baca terus untuk selengkapnya.

Cara Memperbesar Ukuran Virtual Memory Menggunakan Harddisk Untuk Membantu Kinerja RAM

Cover Cara Menambah Virtual Memory Untuk Membantu RAM Dengan Harddisk

Selama ini mungkin kamu sudah tahu bahwa RAM merupakan komponen penting yang menunjang kinerja dari PC yang kamu gunakan.

Karena tugasnya yang sangat penting yaitu untuk menyimpan data sementara untuk di proses oleh processor nantinya. Nah, karena tugasnya yang sangat penting itulah maka jika kamu mencabut RAM maka PC kamu tidak akan bisa bekerja.

Semakin besar RAM yang ada di PC maka semakin banyak pula program yang dapat diproses, namun bagaimana bila proses yang ada melebihi besar RAM itu sendiri?

Logikanya maka akan ada notifikasi yang kurang lebih mengatakan bahwa RAM sudaj tidak memprosesnya lagi. Namun, kamu tentunya tidak akan pernah menemukan notifikasi tersebut.

Kenapa?

Karena Windows sendiri sudah memiliki fitur yang akan menangani masalah tersebut. Yap, windows sudah menyediakan virtual memory secara default.

Virtual memory ini sendiri secara singkatnya merupakan sebuah cadangan memory yang akan membantu RAM jika proses yang dijalankan melebihi batas maksimal dari kemampuan dari RAM itu sendiri.

Lalu dari manakah virtual memory itu berasal? Windows sendiri mengambilnya dati ruang kosong yang ada di harddisk PC milikmu.

Selain Harddisk, bahkan kamu pun dapat menjadikan flashdisk sebagai tambahan virtual memory untuk membantu RAM kamu (tutorialnya bisa lihat di bawah ini).


Nah, sebenarnya ukuran dari virtual memory sendiri sudah diatur secara default oleh sistem operasi windows itu sendiri.

Namun, windows sendiri memperbolehkan kamu untuk mengubah ukuran dari besar virtual memory tersebut. Entah itu untuk menguranginya agar free space harddisk semakin besar atau menambahnya supaya bisa memuat lebih banyak program.

Mungkin ada diantara kamu yang ingin mencoba memperbesar atau menambahkan ukuran dari virtual memory ini karena merasa kurang. Nah, jika memang begitu maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk memperbesar size virtual memory tersebut.

  • Pertama-tama kita harus membuka terlebih dahulu buka windows explorer bisa dengan menekan tombol windows + E atau dengan klik shorcut Windows Explorer yang ada di Taksbar maupun dekstop
  • Selanjutnya kamu klik kanan this PC (windows 10) atau My Computer (windows 8.1, 8, 7, XP), Kemudian klik Properties atau kamu bisa klik systems properties (Lihat Gambar Di bawah)
    Buka windows Explorer Klik Kanan This PC Pilih Properties
  • Kemudian klik advanced systems setting
    Klik Advanced systems setting
  • Maka systems properties akan terbuka, lalu buka tab advanced selanjutnya klik settings
    Tab Advanced Pada Systems Properties
  • Maka Perfomance options akan terbuka, bukalah tab advanced lalu klik change
    Di perfomance options buka tab advanced klik change
  • Nanti di virtual memory setting, hilangkan ceklist pada Automatically Manage Paging File Size For All Drives, Lalu kemudian kamu pilih partisi harddisk yang akan kamu gunakan, lalu klik Custom Size, Atur Sizenya, Kemudian klik Set (Lihat Gambar Dibawah)
    Pada virtual memory settings hilangkan ceklist di automatically Pupuh partisi dan set sizenya
  • Untuk mendapatkan hasil dan efeknya kamu harus merestart PC, klik Ok untuk restart PC kamu
    Klik OK untuk Restart PC
  • Selesai

Begitulah caranya. Dengan begini maka kamu sudah berhasil memperbesar virtual memory yang ada di laptop windows milikmu.

Oh ya, atas saran dari saudara Patrick Prasetyo yang meminta saran untuk besar ukuran yang akan ditambahkan ke virtual memory ini. Maka saya akan memberikan sarannya yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Saran Besar Ukuran Yang Akan Ditambahkan Ke Virtual Memory

Untuk jumlah ukuran yang ditambahkan, sebenarnya saya tidak tahu pasti mana yang cocok untuk komputer ataupun laptop milikmu.

Karena untuk besar virtual memory sendiri yang benar-benar cocok tergantung dari banyaknya proses program yang dilakukan oleh PC kamu setiap kalinya.

Jika banyak proses yang dilakukan benar-benar sangat banyak hingga RAM tidak bisa mengatasinya dan sisa proses yang tidak bisa diatasi tersebut cukup besar. Maka makin besar pulalah ukuran virtual memory yang ditambahkan untuk mengatasinya.

Namun, bila proses yang tidak bisa diatasi oleh RAM cukup sedikit. Maka, saya rasa tidak perlulah besar-besar menambahkannya karena hanya akan membuang-buang free space harddisk saja.

Akan tetapi bila misalkan kamu memang tidak tahu harus memperbesarnya berapa banyak, maka bolehlah bisa disini saya memberikan saran kepada kamu.

  • Untuk besar ukuran dari initial size saran saya seminimal mungkin isilah sebesar size RAM yang ada di PC milikmu dan untuk besar ukuran dari Maximum size isilah dengan 2 kali size ram yang ada di PC milikmu. Contoh: Kalau di laptop milikmu memiliki ram sebesar 2 GB (2048 MB) maka kamu bisa mengisi besar initial size (MB) : 2048 lalu isi Maximum size (MB) : 4096. 
  • Lalu untuk saran kedua saya isilah initial size semaksimal mungkin dengan ukuran 2 kali size RAM dan untuk besar ukuran dari Maximun size isilah dengan  2 kali besar Initial size. Contoh jika di PC milikmu memiliki ukuran RAMN sebesar 2 GB (2048) maka kamu bisa mengisi initial size (MB) : 4096 dan isi maximum size (MB) : 8192. 

Namun, perlu saya ingatkan bahwa semuanya kembali pada user masing-masing dan saran saya isilah maximum size dengan besar 2 kali dari ukuran Initial size.

Yang terpenting adalah PC milikmu memiliki virtual memory yang dapat digunakan sebagai memory cadangan jika sewaktu-waktu RAM kamu tidak sanggup lagi menangani semua proses yang ada.

Perhatian!


Simbol Gambar Perhatian atau Peringatan

Efek dari penambahan virtual memory ini hanya akan terlihat bila RAM sudah penuh dengan banyak program yang dijalankan. Yap seperti yang saya jelaskan di atas virtual memory ini adalah cadangan memory jika RAM sudah penuh agar terhindar dari notifikasi yang mengatakan RAM penuh.

Jadi dengan virtual memory ini kamu dapat menjalankan program yang melebihi batas kemampuan RAM sehingga jika PC kamu RAMnya super besar maka virtual memory ini tidak ada artinya.

Disarankan untuk pemilihan partisi yang akan dipakai untuk virtual memory bukan partisi tempat windows berada. Dan kalau bisa kamu gunakan harddisk lain yang tentunya kosong untuk digunakan sebagai virtual memory.

Perlu diingat bahwa Virtual memory ini tidak mempengaruhi kecepatan dari kinerja Personal Computer kamu dikarenakan dari fungsinya saja hanya untuk membantu RAM jika sudah penuh. Jadi jika ingin meningkatkan kinerja PC lebih baik kamu beli tambahan RAM baru.

Meski kamu memiliki RAM besar, namun jangan sampai kamu tidak memakai virtual memory. Hal ini karena virtual memory memiliki peranan yang penting disebabkan fungsinya yang membantu RAM jika sudah penuh.

Terakhir, aturlah size yang akan digunakan sebagai virtual memory sesuai dengan kapasitas yang tersisa pada partisi yang digunakan.

Jangan terlalu besar karena takutnya tidak terpakai sehingga membuang kapasitas harddisk dan juga jangan terlalu kecil sehingga tidak mencukupi untuk membantu RAM menjalankan program yang sangat banyak.

Kesimpulan

Nah dengan begini dapat disimpulkan bahwa virtual memory itu adalah sebuah memory yang menggunakan media penyimpanan sekunder seperti harddisk untuk membantu RAM bila harus menjalankan program yang membutuhkan memory yang besar.

Meski tidak meningkatkan kinerja PC, kamu tetap harus memasangnya terutama untuk kamu yang kapasitas RAMnya kecil agar jika sewaktu-waktu kamu menjalankan program yang membutuhkan memory yang lebih besar dari kapasitas RAM yang tersedia dapat tetap berjalan karena dibantu oleh virtual memory.
(http://www.sepukom.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Hanya seorang yang menyukai teknologi dan membagikan pengetahuannya tersebut di blognya

Website:
Social Media:

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

3 Responses to "Cara Mudah Menambah Size Virtual Memory Dengan Harddisk Untuk Membantu Kinerja RAM"

Sip deh...jadi berasa beda waktu restart. Di postingan selanjutnya bahasin dong tentang persentase yang direkomendasikan untuk melakukan trik menambah virtual memory. Jadi, biar nggak kebanyakan atau sebaliknya. Thanks, bermanfaat infonya.

Balas

Hai Patrick Prasetyo, Terima Kasih atas sarannya. Untuk ukuran yang perlu ditambahkan sendiri tergantung dari proses apa saja biasanya yang kamu lakukan di laptop atau komputermu.

Jika banyak proses dilakukan dan ram tidak sanggup mengatasi semuanya dan sisa dari tugas yang tidak bisa diatasi ram tersebut cukup besar maka memory yang perlu ditambahkan pun harus besar pula.

Namun, jika proses yang biasa kamu lakukan sedikit dan jumlah ram milikmu cukup besar hingga tidak perlu menggunakan virtual memory tentunya kita tidak perlu menambah banyak-banyak.

Oleh karena itu jumlah yang ditambahkan pun tergantung dari penggunanya itu sendiri. Namun, bila membutuhkan saran saya memiliki 2 saran yaitu:

1. Saran saya seminimal mungkin isilah initial size dengan sebesar size RAM dan Maximum size dengan 2 kali size ram yang ada. Contoh jika Laptop memiliki ram sebesar 2 GB (2048 MB) maka kamu bisa isi initial size (MB) : 2048 lalu isi Maximum size (MB) : 4096.

2. Saran Kedua kamu bisa mengisi initial size dengan ukuran 2 kali size RAM dan Maximun size 2 kali besar Initial size. Contoh jika di Laptop ukuran RAMNya sebesar 2 GB (2048) maka kamu bisa isi initial size (MB) : 4096 dan isi maximum size (MB) : 8192.

Namun, semuanya kembali pada user masing-masing dan saran saya isilah maximum size dengan besar 2 kali dari ukuran Initial size. Semoga jawaban tersebut dapat membantu.

Balas

semoga postingan tentang cara menambah virtual memory dengan harddisk ini dapat membantu para pembaca

Balas

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar